Dishub Bantul Pastikan Siap Hadapi Arus Lebaran

Penulis: Agus Utantoro Pada: Jumat, 18 Mei 2018, 09:28 WIB Nusantara
Dishub Bantul Pastikan Siap Hadapi Arus Lebaran

MI/Supardji Rasban
TITIK kemacetan arus mudik-balik Lebaran 2018 di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, diprediksi akan bergeser, dari sebelumnya di ruas jalan Tol Brebes Timur (Brexit), ke arah jalur selatan.

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan semua sarana dan prasarana lalu lintas di wilayah itu telah siap sepenuhnya untuk digunakan pada arus Lebaran 2018 baik arus mudik, arus balik, maupun semasa lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Aris Suharyanto, Jumat (18/5) menjelaskan, jajarannnya telah melakukan pengecekan sarana dan prasarana  baik di jalur utama dan jalur alternatif.

"Kami telah melaksanakan pengecekan sarana dan prasarana lalu lintas dan  angkutan jalan pada jalur utama maupun alternatif, semua dalam kondisi  siap," kata Aris.

Dia mengatakan prasarana lalu lintas itu antara lain rambu-rambu lalu lintas yang meliputi rambu pendahulu penunjuk jalan (RPPJ) dan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL), serta marka jalan, dan alat pengendali dan pengaman jalan.

Meski sarana dan prasarana lalu lintas siap dan berfungsi dengan baik, jelasnya, Dishub Kabupaten Bantul masih akan menerjunkan personel lapangan guna memantau dan melakukan perbaikan terutama APILL jika terjadi kerusakan.

"Perbaikan atas kerusakan APILL siaga selama 24 jam,  kemudian perbaiukan atas kerusakan LPJU (lampu penerangan jalan umum)  se-Bantul selama arus mudik dan balik Lebaran 2018 juga siaga 24 jam,"
katanya.

Menurut dia, selama pelaksanaan arus mudik dan arus balik 2018 juga akan disediakan alat bantu rekayasa lalu lintas sementara yang akan ditempatkan di jalur utama dan jalur alternatif apabila terjadi kepadatan arus kendaraan.

"Untuk alat bantu rekayasa lalu lintas kita sediakan water barier  sebanyak 80 buah dan traffic cone 300 buah, kemudian 40 buah rambu portabel petunjuk arah," katanya.

Aris menjelaskan, selama penyelenggaran arus mudik dan balik Lebaran, Dishub juga mempersiapkan jalur utama maupun jalur alternatif di Bantul dan melakukan pemantauan pada titik rawan kemacetan di wilayah Bantul.

Sementara itu, pemantauan pada ruas jalan wisata, kata dia, dilakukan di sejumlah titik menuju kawasan wisata seperti di wisata Parangtritis,  Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus di Dlingo dan Bukit Bintang di Piyungan. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More