Hari Buku Nasional, DPR Dorong Peningkatan Literasi Masyarakat

Penulis: Astri Novaria Pada: Kamis, 17 Mei 2018, 22:40 WIB Humaniora
Hari Buku Nasional, DPR Dorong Peningkatan Literasi Masyarakat

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

KETUA DPR RI Bambang Soesatyo mengucapkan selamat atas peringatan Hari Buku Nasional yang diperingati setiap17 Mei setiap tahunnya. Menurutnya, peringatan ini sebagai momentum untuk mengajak sekaligus mendorong seluruh elemen masyarakat agar semakin sadar akan pentingnya literasi dan buku di kehidupan sehari-hari.

"Saya meminta Komisi X DPR mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk membentuk lembaga sebagai pelaksana wewenang dan tanggung jawab pemerintah pusat terhadap sistem perbukuan," ujarnya di Jakarta, Kamis (17/5).

Hal itu menurutnya, dilakukan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan, mengingat Kemendikbud berperan dalam menjamin adanya ketersediaan buku, memfasilitas pengembangan sistem informasi perbukuan, dan mempromosikan budaya Indonesia.

Pihaknya juga sekaligus meminta Komisi X DPR mendorong Perpustakaan Nasional (Perpusnas) untuk menyosialisasikan koleksi yang dimiliki oleh Perpusnas Indonesia sampai ke pelosok daerah.

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan minat baca dan literasi terhadap bahan bacaan yang berbobot dan berdampak baik.

"Mengingat literasi mempunyai peran besar dalam mengubah cara pikir generasi-generasi ke depan," pungkasnya. (OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More