1980: Gunung St Helens Meletus

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Jumat, 18 Mei 2018, 06:45 WIB Humaniora
1980: Gunung St Helens Meletus

WIKIPEDIA

LETUSAN Gunung St Helens di Washington menyebabkan longsor, menewaskan 57 orang, dan abu dari letusan tersebut menyebar sampai Minnesota. Aktivitas Gunung St Helens yang berjarak 96 mil ke selatan Seattle tersebut dimulai pada 16 Maret, kemudian berlanjut pada 23-24 Maret.

Letusan pertama terjadi pada 27 Maret ketika tercipta lubang di puncak gunung selebar 250 kaki. Abu menyebar sampai 10 ribu kaki di udara, menyebabkan terciptanya listrik statis dan kilat. Sepanjang April, sebenarnya ilmuwan telah melihat sebuah tonjolan di sebelah utara Gunung St Helens tumbuh semakin membesar.

Puncaknya pada 18 Mei pagi, gempa terjadi dan batu-batu berjatuhan dari puncak gunung. Sisi utara gunung menyebarkan abu dengan kecepatan 650 mil per jam. Awan debu, batu, gas, dan es menderu jatuh. Sungai Toutle sepanjang 14 mil terkubur di bawah reruntuhan sedalam 150 kaki. Magma yang bersuhu 1.300 derajat Fahrenheit, mengalir bermil-mil. Sejumlah 57 orang meninggal dalam bencana tersebut dan 27 jasad tidak pernah ditemukan. Gunung St Helens yang sebelumnya setinggi 9.600 kaki, hanya dalam beberapa detik memendek menjadi 8.300 kaki.

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More