KPU Tegal Minta PKB Segera Ajukan Pengganti Enthus

Penulis: Supardji Rasban Pada: Kamis, 17 Mei 2018, 21:20 WIB Nusantara
 KPU Tegal Minta PKB Segera Ajukan Pengganti Enthus

ist

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Jateng), meminta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai pengusung pasangan Enthus Susmono-Umi Azizah segera menentukan siapa pengganti Enthus.  Sebab, pihaknya harus kembali mencetak ulang sebanyak 1,2 juta lebih surat suara pengganti yang masih bergambar Enthus Susmono.

KPU Kabupaten Tegal memberi tenggat lima hari lagi untuk PKB sebagai pengusung supaya segera menentukan pengganti atas wafatnya Enthus Susmono, Senin (14/5)

"Semua ada 1.206.502 Daftar Pemilih Tetap (DPT) sehingga surat suaranya harus sama. Surat suara yang lama pun baru jadi kemarin, padahal tinggal proses pelipatan," ujar Ketua KPU Kabupaten Tegal, Sukartono, Kamis (17/5).
      
Almarhum Enthus merupakan Bupati Tegal non aktif yang kembali mengikuti Pilbup Tegal untuk periode selanjutnya. Sukartono menyampaikan, meski bakal ada calon Bupati baru dari PKB, pihaknya juga memastikan tidak akan ada Debat Publik untuk kedua kalinya, setelah pada hari Minggu (13/5/2018) melangsungkan debat.

Dia bertutur bahwa menggelar sebuah debat publik cukup memakan waktu, mengingat hari menuju pemungutan suara tinggal 45 hari lagi. "Waktunya sudah mepet, dan keterbatasan anggaran. Intinya kan kalo debat itu penyampaian visi, misi, dan program. Meskipun calonnya berbeda, programnya tetap sama" ucap Sukartono.
     
Sukartono beranggapan pelaksana debat bukanlah sesuatu yang sembarangan, pihaknya harus mengurus lagi materi yang didebatkan, hingga mengundang para panelis berkompeten yang diketahui memiliki jam terbang tinggi.
     
"Dana buat Alat Peraga Kampanye (APK) dan Kampanye itu besar. Belum lagi kita harus cetak ulang suara selain harus revisi anggaran," kata Sukartono sembari menambahkan sosok pengganti baru dari PKB bisa berkampanye melalui Alat APK, poster, maupun brosur-brosur baru.

Sementara itu, Ketua PKB Kabupaten Tegal, A Firdaus Assyairozi, mengaku pihaknya belum memutuskan siapa pengganti Enthus. Firdaus menyebut ada calon kuat pengganti Enthus yakni Ahmad Wasari.

"Nama Ahmad Wasari memang muncul sebagai kandidat pengganti Enthus terkuat dari berbagai pertimbangan termasuk para kiai, tapi kami belum memutuskan," ujar Firdaus yang menyebut Ahmad Wasari merupakan salah satu Ketua PCNU Kabupaten Tegal.(A-5)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More