Wali Kota Ditahan KPK, Wakil Wali Kota Terima SPT

Penulis: Faishol Taselan Pada: Kamis, 17 Mei 2018, 20:50 WIB Nusantara
Wali Kota Ditahan KPK, Wakil Wali Kota Terima SPT

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

WAKIL Wali Kota Kediri Suyitno menerima Surat Perintah Tugas (SPT) sebagai Wali Kota Mojokerto, menyusul ditahannya Wali Kota Mojokerto Mas'ud Yunus oleh KPK.

Perintah Tugas (SPT) kepada Wakil Wali Kota Mojokerto Suyitno, bernomor 131/480/011.2/2018 ini diberikan kepada wawali untuk mengisi kekosongan pemerintahan atas.

"Ini sesuai petunjuk Mendagri dan  amanat undang-undang agar tidak terdapat kekosongan roda pemerintahan, khususnya pelayanan publik kepada masyarakat Kota Mojokerto," kata Gubernur Jatim Soekarwo di Surabaya, Kamis (17/5).

Dengan SPT itu, menurutnya Wakil Wali Kota Mojokerto dapat langsung menjalankan tugas sesuai dengan perda dan ketentuan yang berlaku.
"Statusnya masih wakil wali kota. Segala kewenangan dan kebijakan yang diambil harus dikonsultasikan kepada Wali Kota Mojokerto," ujarnya.

Dijelaskan, untuk urusan anggaran belanja tetap yang sudah ada harus terus jalan, demikian pula, proyek lelang yang sudah dilelang harus diawasi dan dikontrol kegiatan maupun pelaksanaannya.

Gubernur mengingatkan kepada Wakil Wali Kota Mojokerto untuk selalu berkoordinasi dengan semua unsur forkopimda Kota Mojokerto, mulai dari DPRD, pengadilan, TNI, dan kepolisian.

Sementara itu, terkait dinamika dan kondisi stabilitas keamanan pasca teror bom di sejumlah tempat, Pakde Karwo meminta Wakil Wali Kota Mojokerto untuk terus memperkuat keamanan.

Program-program masyarakat seperti siskamling untuk lebih ditingkatkan. Demikian pula, perlu dilakukan penguatan tiga pilar keamanan, yakni antara kades/lurah, babinkamtibmas, dan babinsa, dan diupayakan sampai dengan tingkatan RT-RW.

"Kondisi ekonomi yang meningkat, disebabkan oleh banyak faktor, terutama kondisi keamanan dan kenyamanan daerah itu sendiri," ujarnya.(A-5) 

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More