Kemendag Amankan Jalur Distribusi Bahan Pokok

Penulis: (E-3) Pada: Kamis, 17 Mei 2018, 23:15 WIB Ekonomi
Kemendag Amankan Jalur Distribusi Bahan Pokok

MI/PALCE AMALO

KEMENTERIAN Perdagangan dan Kementerian Perhubungan besinergi untuk mendistribusikan bahan pokok ke seluruh Indonesia dalam upaya menjaga stabilitas harga komoditas tersebut pada Ramadan tahun ini.

"Kami berkomitmen menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan kebutuhan pokok dengan bersinergi mendistribusikan bahan pokok melalui tol laut agar tersebar di seluruh wilayah Indonesia sebelum memasuki bulan puasa dan Lebaran secara bertahap sesuai kebutuhan," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip dari Antara, Kamis (17/5).

Upaya tersebut, kata dia, sesuai amanat dan arahan Presiden Jokowi untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok bahan pokok menjelang hari besar keagamaan nasional (HBKN) 2018.

Untuk mengawal kelancaran pasokan bahan pokok itu, Kementerian Perdagangan bahkan telah menugasi seluruh pejabat eselon I dibantu 200 staf Kemendag dan didampingi Satgas Pangan untuk memantau langsung ke pasar rakyat di seluruh Indonesia, juga mengawasi penetrasi bahan pokok ke pasar rakyat dan ritel modern.

"Berbagai upaya dikerahkan agar pencapaian HBKN 2017 dapat terulang tahun ini. Saat itu, Kemendag berhasil mengendalikan harga dan inflasi. Untuk pertama kali tidak terjadi kenaikan harga saat memasuki Ramadan."

Dalam kesempatan itu, Enggartiasto juga melakukan kunjungan ke Pasar Karangayu, Semarang. Hasil pantauan menunjukkan pasokan bahan pokok aman dan terjaga menjelang HBKN.

Komoditas yang harganya terpantau stabil, bahkan cenderung turun ialah gula, minyak goreng, bawang putih, bawang merah, dan cabai.

Begitu pula untuk beras tersedia di pasar dengan harga Rp8.950 per kg atau di bawah harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp9.450.

Terkait dengan daging ayam dan telur ayam, Enggartiasto mengaku sudah berdialog dan memberikan batas waktu kepada peternak ayam untuk segera memasok. "Jika harga belum juga turun, kami akan meminta integ-rator masuk ke pasar rakyat sehingga harga bisa turun," tegasnya.

Menjelang bulan puasa dan Lebaran tahun ini, Kemendag bersama pihak swasta juga akan kembali menggelar pasar murah di 350 titik di seluruh wilayah Indonesia.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More