Mnuchin Wakili AS Bertemu Tiongkok

Penulis: Irene Harty Pada: Kamis, 17 Mei 2018, 17:35 WIB Internasional
Mnuchin Wakili AS Bertemu Tiongkok

AFP
Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin (21/4).

MENTERI Keuangan AS Steven Mnuchin akan memimpin pembicaraan perdagangan dengan Tiongkok yang berlangsung pada Kamis (17/5) dan Jumat (18/5) saat negara-negara mencoba menghentikan perang perdagangan.

"Pertemuan-pertemuan ini merupakan kelanjutan dari pembicaraan yang diadakan di Beijing dua minggu lalu dan akan fokus pada penyeimbangan hubungan ekonomi bilateral Amerika Serikat-China," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

AS telah mengancam untuk mengenakan 25% bea masuk atas barang-barang Tiongkok hingga US$150 miliar, sementara Tiongkok telah menargetkan US$50 miliar dalam ekspor Amerika Serikat.

Wakil Perdana Menteri China Liu He memimpin delegasi perdagangan dari Beijing. Menteri Perdagangan AS, Wilbur Ross dan Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer juga akan berpartisipasi.

Di Beijing, kementerian perdagangan mengatakan Tiongkok berharap kedua pihak dapat menyelesaikan friksi perdagangan selama pembicaraan.

"Ttapi tentu saja kami telah menyiapkan tanggapan untuk berbagai kemungkinan," kata juru bicara perdagangan Gao Feng pada konferensi pers.

Pembicaraan, bagian dari pekan yang sibuk dengan negosiasi perdagangan dan tenggat waktu yang ketat di Washington, telah terjerat dalam intrik politik setelah penasehat Presiden AS Donald Trump yang dianggap sebagai garis keras di Tiongkok.

Peter Navarro, yang dipandang memiliki peran lebih dominan setelah kepergian penasihat ekonomi Gedung Putih Gary Cohn atas masalah perdagangan, tidak masuk daftar, meskipun pernyataan itu mengatakan 'pejabat administrasi senior tambahan juga akan berpartisipasi'.

Menurut laporan pers, Navarro berdebat dengan Mnuchin karena dia menangani pembicaraan Tiongkok dan dilarang menghadiri pertemuan minggu ini. (AFP/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More