Mnuchin Wakili AS Bertemu Tiongkok

Penulis: Irene Harty Pada: Kamis, 17 Mei 2018, 17:35 WIB Internasional
Mnuchin Wakili AS Bertemu Tiongkok

AFP
Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin (21/4).

MENTERI Keuangan AS Steven Mnuchin akan memimpin pembicaraan perdagangan dengan Tiongkok yang berlangsung pada Kamis (17/5) dan Jumat (18/5) saat negara-negara mencoba menghentikan perang perdagangan.

"Pertemuan-pertemuan ini merupakan kelanjutan dari pembicaraan yang diadakan di Beijing dua minggu lalu dan akan fokus pada penyeimbangan hubungan ekonomi bilateral Amerika Serikat-China," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

AS telah mengancam untuk mengenakan 25% bea masuk atas barang-barang Tiongkok hingga US$150 miliar, sementara Tiongkok telah menargetkan US$50 miliar dalam ekspor Amerika Serikat.

Wakil Perdana Menteri China Liu He memimpin delegasi perdagangan dari Beijing. Menteri Perdagangan AS, Wilbur Ross dan Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer juga akan berpartisipasi.

Di Beijing, kementerian perdagangan mengatakan Tiongkok berharap kedua pihak dapat menyelesaikan friksi perdagangan selama pembicaraan.

"Ttapi tentu saja kami telah menyiapkan tanggapan untuk berbagai kemungkinan," kata juru bicara perdagangan Gao Feng pada konferensi pers.

Pembicaraan, bagian dari pekan yang sibuk dengan negosiasi perdagangan dan tenggat waktu yang ketat di Washington, telah terjerat dalam intrik politik setelah penasehat Presiden AS Donald Trump yang dianggap sebagai garis keras di Tiongkok.

Peter Navarro, yang dipandang memiliki peran lebih dominan setelah kepergian penasihat ekonomi Gedung Putih Gary Cohn atas masalah perdagangan, tidak masuk daftar, meskipun pernyataan itu mengatakan 'pejabat administrasi senior tambahan juga akan berpartisipasi'.

Menurut laporan pers, Navarro berdebat dengan Mnuchin karena dia menangani pembicaraan Tiongkok dan dilarang menghadiri pertemuan minggu ini. (AFP/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More