KPU Banyumas Mulai Lakukan Pelipatan Suara

Penulis: Liliek Dharmawan Pada: Kamis, 17 Mei 2018, 16:50 WIB Nusantara
KPU Banyumas Mulai Lakukan Pelipatan Suara

MI/LILIEK DHARMAWAN

KPU Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) melakukan pelipatan surat suara  dengan melibatkan masyarakat mulai kemarin. KPU telah menyewa gedung  sebagai tempat pelipatan serta dipakai sebagai gudang logistik baik  untuk pemilihan gubernur (pilgub) maupun pemilihan bupati (pilbup).

Komisioner KPU Banyumas Agus Basuki mengatakan bahwa pihaknya memang  menyewa sebuah gedung sebagai tempat pelipatan dan gudang logistik,  karena KPU tidak memiliki gedung yang representatif. "Untuk pelipatan  awal, dimulai hari ini. Pelipatan melibatkan 73 pekerja.  Untuk pelipatan  surat suara pilgub dimulai pada 17 hingga 23 Mei mendatang. Sedangkan  untuk surat suara pilbup dimulai pada 23 hingga 31 Mei mendatang," jelas Agung, Kamis (17/5).

Menurutnya, pekerja yang melipat surat suara harus memenuhi berbagai  persyaratan agar tidak terjadi konflik kepentingan. Para pekerja  haruslah netral dan tidak terikat menjadi anggota partai tertentu.  Bahkan, pada saat melakukan pelipatan, para pekerja tidak boleh membawa  telepon seluler.

"Jumlah surat suara yang dicetak sebanyak 1,338 juta lembar lebih atau  ada tambahan 2,5% dari daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1,302 juta  pemilih. Nantinya, surat suara pilgub akan dimasukkan ke setiap tempat  pemungutan suara (TPS) pada 1-6 Juni mendatang. Sedangkan untuk pilbup bakal dimasukkan pada 7-12 Juni mendatang. Nantinya, disimpan dengan  baik dan disegel," katanya. (A-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More