Dua SSK Brimob Polda Jateng Jaga Napi Terorisme di Nusakambangan

Penulis: Liliek Dharmawan Pada: Kamis, 17 Mei 2018, 15:35 WIB Nusantara
Dua SSK Brimob Polda Jateng Jaga Napi Terorisme di Nusakambangan

ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

POLDA Jawa Tengah (Jateng) masih menempatkan dua satuan setingkat kompi  (SSK) Brimob untuk menjaga Pulau Nusakambangan di Cilacap. Penjagaan  ketat itu dilakukan karena di tiga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) telah  ditempatkan para narapidana teroris (napiter) pindahan dari Mako Brimob,  Kelapa Dua, Depok.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengungkapkan bahwa ada dua SSK  Brimob yang ditempatkan sejak pemindahan napiter dari Mako Brimob. 
"Sampai sekarang masih ada dan belum tahu sampai kapan ditempatkan di  Pulau Nusakambangan. Jika dibandingkan sebelumnya, memang ada tambahan  pengamanan. Selain itu, napiter ditempatkan di Lapas high risk dengan  pengamanan super maximum security,â€?tegas Kapolda saat kunjungan kerja di  Purwokerto, Kamis (17/5).

Terkait dengan acamaman terorisme, Kapolda tetap meminta kepada jajaran  polres hingga polsek untuk senantiasa siaga. "Instruksi saya kepada seluruh kapolres di Jateng untuk waspada dan siap siaga. Daerah mana  saja harus siap, tidak ada pembedaan. Sebab, ancaman terorisme dapat  terjadi di mana saja," ungkapnya.

Sebelumnya Koordinator Lapas Nusakambangan yang juga Kalapas Batu Hendra  Eka Putranto menegaskan bahwa pengamanan di lapas-lapas Nusakambangan  diperketat. 

"Tidak hanya di dalam lapas saja yang diperketat  pengamanannya, tetapi juga pintu masuk ke Pulau Nusakambangan tepatnya  di Dermaga Wijayapura. Di pintu masuk dermaga, ada penambahan 10  personel dari kepolisian dan TNI," tegas Hendra.

Dijelaskan oleh Hendra, seluruh pengunjung atau pembesuk yang bakal  masuk ke Pulau Nusakambangan akan diperiksa secara detail. Khusus untuk  napiter yang beberapa waktu lalu dipindahkan, masih belum boleh  dijenguk. Apalagi saat sekarang masih dilakukan assesment. 

"Pengunjung  yang mau masuk ke Pulau Nusakambangan diperiksa secara ketat di Dermaga  Wijayapura yang merupakan pintu masuk penyeberangan ke Pulau  Nusakambangan. Bahkan, pengunjung dilarang membawa makanan untuk para  napi sebagai bagian dari antisipasi," jelasnya.

Menurutnya, patroli keliling Pulau Nusakambangan juga diintensifkan.  Patroli dilaksanalan oleh aparat Satuan Polisi (Satpol) Air Cilacap  serta Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cilacap. "Perairan di sekitar  Pulau Nusakambangan juga diintensifkan pengamanannya dengan patroli  perairan yang dilakukan oleh Satpol Air Cilacap maupun Lanal 
Cilacap," tandasnya. (A-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More