Hasil Pantauan Satgas Pangan, Harga Sembako Relatif Stabil di Depok

Penulis: Kisar Rajaguguk Pada: Kamis, 17 Mei 2018, 14:25 WIB Megapolitan
Hasil Pantauan Satgas Pangan, Harga Sembako Relatif Stabil di Depok

ANTARA

TIM satgas pangan gabungan Pemerintah Kota Depok dan Polres Depok memantau harga bahan pokok memasuki bulan puasa di lima pasar rakyat di Kota Depok. Dari lawatan ke lima pasar itu, satgas pangan tidak melihat ada lonjakan harga sembilan bahan pokok.

Wali Kota Depok Muhammad Idris mengatakan sembilan bahan pokok sebagai kebutuhan cukup untuk masyarakat Kota Depok selama bulan Ramadhan dan Lebaran. Kebutuhan pokok tersebut, katanya penting untuk ditinjau guna mengantisipasi kenaikan dan penimbunan barang di bulan puasa dan Lebaran.

" Tim satgas pangan memastikan selama bulan Ramadhan dan Lebaran, kebutuhan pangan atau bahan pokok tidak mengalami kenaikan serta cukup untuk masyarakat Kota Depok," terang Idris, Kamis (17/5)

Selain itu, ia memaparkan, tinggal nanti bagaimana distribusinya sampai ke konsumen dan pihaknya akan pantau jalur pendistribusian agar sampai dan tidak ada permainan harga. Termasuk bekerja sama dengan badan urusan lpogistik (Bulog) Jawa Barat untuk melakukan operasi pasar di seluruh pasar rakyat di Kota Depok.

Sembilan pokok yang dipantau satgas pangan tersebut ialah beras, sagu, dan Jagung, gula pasir, sayur-sayuran dan buah-buahan, daging sapi, ayam, dan ikan. Minyak goreng dan margarin, susu, telur, gas elpiji. Sedangkan pasar yang dipantau ialah Pasar Rakyat Tugu, Pasar Rakyat Cisalak, Pasar Rakyat Sukatani, Pasar Rakyat Agung Jaya, dan Pasar Rakyat Kemiri Muka, Beji

Disebut Idris, harga bahan pokok telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan tidak boleh ada kenaikan harga yang melonjak tinggi. Sehingga jika itu terjadi maka Satgas Pangan akan menyelidiki dan jika ada yang bermain akan ditindak tegas. “Saya ingatkan, jangan main-main dengan harga karena semua ada aturan. Kalau ketahuan nanti akan kami tindak tegas," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Polres Kota Depok Komisaris besar Didik Sugiarto mengatakan operasi yang digelar tim satgas pangan Kota Depok betujuan untuk dapat mengendalikan harga pasar agar tidak mengalami kenaikan dan memberatkan konsumen.

"Satgas sudah mulai bergerak sehari sebelum bulan Ramadhan untuk mengawasi kenaikan harga, tapi sejauh ini harga masih normal dan tidak ada lonjakan harga terhadap berbagai jenis kebutuhan pokok. Untuk kelangkaan juga tidak terjadi di sejumlah pasar rakyat, “ kata Didik.

Tim Satgas, katanya akan terus memonitoring harga serta jumlah komoditi barang di pasar rakyat. Kelangkaan juga tidak terjadi, senua nasih dalam batas kewajaran. “Kalau ada pihak yang menimbun atau melakukan kecurangan akan kami tindak sesuai ketenuan KUHAP,” terangnya (X-10)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More