Masyarakat Sambut Beroperasinya KA Solo Ekspres

Penulis: Antara Pada: Kamis, 17 Mei 2018, 10:33 WIB Nusantara
Masyarakat Sambut Beroperasinya KA Solo Ekspres

ANTARA/Maulana Surya

MASYARAKAT menyambut hangat beroperasi Kereta Api Solo Ekspres yang melayani rute Solo Balapan-Kutoarjo karena fasilitasnya yang cukup lengkap.

"Saya memang ingin mencoba. Katanya ini untuk KA bandara ya, tetapi karena jalur belum jadi sementara untuk Solo-Kutoarjo dulu," kata salah satu penumpang, Krisna, Kamis (17/5).

Ia mengatakan untuk getaran mesin juga cukup halus sehingga penumpang lebih nyaman.

"Suaranya halus, mungkin karena kereta baru," katanya.

Hal senada disampaikan penumpang lain, Ilham, yang mengatakan dirinya sudah menunggu cukup lama beroperasi KA Solo Ekspres.

Ia yang merupakan pecinta kereta api menyatakan senang karena fasilitas di dalam KA yang cukup memadai.

"AC-nya juga benar-benar dingin. Tempat duduknya juga nyaman," katanya.

Pada peresmian KA Solo Ekspres di Stasiun Solo Balapan, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan KA tersebut merupakan wujud pelayanan negara kepada masyarakat.

"Pemerintah wajib menyediakan transportasi umum untuk masyarakat. Minimal orang Kutoarjo yang ingin ke Solo tidak perlu naik bus lagi. Mudah-mudahan juga kunjungan wisatawan dari Kutoarjo ke Solo makin banyak," katanya.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI Zulfikri mengatakan KA tersebut memberikan alternatif bagi masyarakat dalam bertransportasi, khususnya dengan kereta api.

"Selain KA Prameks yang telah sekian lama menjadi kereta andalan warga Solo, Yogya, Kutoarjo, dan sekitarnya, kini PT KAI menghadirkan satu KA baru yakni KA Solo Ekspres," katanya.

Ia mengatakan selama empat hari yaitu pada 17-20 Mei KAI menggratiskan tiket bagi para penumpang.

Setelah masa gratis, mulai 21 Mei 2018 PT KAI akan mulai menerapkan tarif promo sebesar Rp40.000/penumpang untuk rute Stasiun Kutoarjo-Solo Balapan (PP) dan Rp30.000/penumpang untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (PP) atau Stasiun Yogyakarta-Solo Balapan (PP).

"Selanjutnya, khusus untuk perjalanan KA ini pada masa angkutan Lebaran yakni 5-26 Juni 2018, PT KAI akan mengenakan tarif Rp60.000/penumpang untuk rute Kutoarjo-Solo Balapan (PP) dan Rp45.000/penumpang untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (PP) atau Stasiun Yogyakarta-Solo Balapan (PP)," katanya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More