Pemerintah Bangun Industri Substitusi Impor

Penulis: (Try/Ant/E-1) Pada: Kamis, 17 Mei 2018, 04:30 WIB Ekonomi
Pemerintah Bangun Industri Substitusi Impor

MI/SUSANTO

MENTERI Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan produksi barang substitusi impor perlu didorong untuk mengurangi kebutuhan barang modal dan bahan baku yang tidak dihasilkan di dalam negeri

"Kalau bicara (industri) tekstil, katun itu impor. Substitusinya rayon, dan itu sedang dibangun. Industri seperti rayon, ini yang kita harus dukung," kata Airlangga di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (16/5).

Pernyataan Airlangga tersebut menanggapi impor barang modal dan bahan baku atau penolong yang meningkat pada April 2018 berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS).

Di satu sisi, ia juga menilai bahwa impor golongan barang modal dan bahan baku/penolong secara jangka panjang positif karena hal tersebut menunjukkan realisasi investasi.

"Kalau realisasi investasi itu kan positif, tentu nanti harapannya ke depan kita akan memacu ekspor. Salah satu yang dibahas ialah bagaimana kita memacu ekspor dan fasilitas apa yang diberikan untuk memacu ekspor," tutur Airlangga.

Terkait dengan ekspor, Airlangga menjelaskan kebijakan oleh pemerintah dalam mendorong ekspor yaitu melalui insentif untuk investasi tambahan dan pendidikan agar tenaga kerja lebih siap.

Ia juga mengatakan pemerintah saat ini tengah membahas untuk memberikan insentif kepada industri hulu dan pionir.

"Itu sedang dibahas, penda-laman industri dan mendo-rong ekspor. Kemarin, Presiden ke Tanjung Priok untuk melihat ekspor yang langsung dari Jakarta ke Los Angeles. Tentu nanti didorong lagi dari Jakarta ke Rotterdam," kata dia.

Sebelumnya, BPS mencatat nilai impor bahan baku pada April 2018 sebesar US$11,96 miliar, atau tumbuh 33% jika dibandingkan dengna nilai impor pada April 2017 (yoy).

Adapun nilai impor barang modal pada April 2018 mencapai US$2,62 miliar atau tumbuh 40,81% (yoy).

Sementara itu , Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan kesiapan sistem perizinan terpadu (online single submission) yang akan diluncurkan pemerintah untuk memberikan kemudahan berusaha di Indonesia.

"Reform-nya, sistemnya, maupun organisasinya sudah selesai. Kita siap untuk diluncurkan," kata Darmin seusai sidang kabinet paripurna

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More