Payung Hukum Perizinan Tunggal Terbit Pekan Ini

Penulis: Rudy Polycarpus Pada: Rabu, 16 Mei 2018, 21:50 WIB Ekonomi
Payung Hukum Perizinan Tunggal Terbit Pekan Ini

ANTARA

MENTERI Koordinator Perekonomian Darmin Nasution memastikan peluncuran sistem perizinan tunggal terintegrasi dalam jaringan (online single submission/OSS) akan diluncurkan sebelum 20 Mei.

Darmin mengatakan landasan hukum berupa peraturan pemerintah tengah dimatangkan. "Presiden dan wakil presiden serta semua peserta sidang pleno yakin bahwa single submission sudah siap dan ada tiga blok yang dikerjakan," tuturnya, seusai mengikuti sidang kabinet paripurna di Istana Negara,Jakarta, Rabu (16/5).

Ia mengatakan pembentukan satuan tugas di daerah yang telah mencapai 80 persen di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Bagi daerah yang belum membentuk satgas, kata Darmin akan dikenakan sanksi seperti disinsentif. Sanksi tersebut masih dirumuskan Kementerian Dalam Negeri.

Selain itu, pemerintah memastikan adanya reformasi di tingkat kementerian/lembaga. Darmin menjelaskan pentingnya reformasi birokrasi, karena semua perizinan berinduk di kementerian/lembaga

"Reformasi pada dasarnya adalah dengan kementerian dan lembaga, karena semua perizinan ini induknya di kementerian dan lembaga. Misalnya, industri meski ada izin di daerah, perizinan dari industri diatur pelaksanannya di menteri perindustrian," jelasnya.

Terpisah, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan penerbitan PP perizinan tunggal segara rampung. "Dalam waktu segera, tadi sudah rapat terakhir," tandasnya. (A-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More