Angkutan Barang Dibatasi Mulai H-3 Lebaran

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Rabu, 16 Mei 2018, 21:19 WIB Ekonomi
Angkutan Barang Dibatasi Mulai H-3 Lebaran

MI/Dwi Apriani

UNTUK memperlancar arus mudik Lebaran tahun ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 34 Tahun 2018 tentang Pengaturan Lalu Lintas pada masa Angkutan Lebaran Tahun 2018. 

Untuk menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan serta mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas, maka pada sembilan ruas jalan tol dan empat jalan nasional akan diberlakukan pembatasan kendaraan angkutan barang.

Dalam PM 34 tersebut diatur pemberlakuan pembatasan operasional untuk mobil barang dengan ketentuan Jumlah Berat Yang Diizinkan (JBI) lebih dari 14.000 kg, mobil barang sumbu 3 atau lebih, dan mobil barang dengan kereta tempelan atau kereta gandeng, serta mobil barang yang digunakan untuk mengangkut bahan galian, tambang, dan bahan bangunan.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi pembatasan operasional mobil barang untuk arus mudik mulai diberlakukan mulai 12 Juni 2018 (H-3) pukul 00.00 WIB sampai dengan 14 Juni 2018 (H-1) pukul 24.00 WIB. "Sementara untuk arus balik diberlakukan sejak 22 Juni 2018 (H+7) pukul 00.00 WIB sampai dengan 24 Juni 2018 (H+9) pukul 24.00 WIB, " ujarnya, kemarin.

Rencana pembatasan operasional kendaraan barang ini antara lain akan diberlakukan di jalan Tol Jakarta- Merak,Tol Prof Soedyatmo, Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), Tol Jakarta-Ciawi, Tol Jakarta- Cikampek- Palimanan-Kanci Pejagan- Pemalang- Batang- Semarang, Tol Purwakarta- Bandung- Cileunyi (Purbaleunyi), Tol Semarang Seksi A (Krapyak- Jatingaleh), Seksi B (Jatingaleh- Srondol), dan Seksi C (Jatingaleh- Muktiharjo), serta Tol Semarang- Salatiga.(E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More