Inflasi Terkendali, Suku Bunga Acuan akan Bertahan

Penulis: Fetry Wuryasti Pada: Rabu, 16 Mei 2018, 22:15 WIB Ekonomi
Inflasi Terkendali, Suku Bunga Acuan akan Bertahan

MI/RAMDANI

BERTOLAK belakang dengan beberapa pengamat yang memperkirakan kenaikan suku bunga kebijakan Bank Indonesia (BI) 7 Day Repo Rate antara 25-50 bps, ekonom Bank Permata Josua Pardede memperkirakan suku bunga acuan akan bertahan di level 4,25%.

"Tingkat suku bunga acuan BI diperkirakan cenderung bertahan di level 4,25% pada rapat dewan gubernur (RDG) BI bulan ini mengingat ekspektasi inflasi diperkirakan terkendali di target sasaran BI," ujar Josua,Rabu (16/5).

Meskipun BI memiliki ruang untuk menaikkan suku bunga kebijakan, namun kenaikan suku bunga bukan satu-satunya instrumen moneter yang dapat berdampak pada penguatan nilai tukar rupiah.

Pelemahan nilai tukar terhadap dollar AS bukan hanya dialami oleh Rupiah saja namun seluruh mata uang negara berkembang dan mata uang negara maju.

"Dengan demikian, pelemahan rupiah belakangan ini lebih didominasi oleh faktor eksternal sementara fundamental ekononi Indonesia cenderung masih kuat. Dengan perkataan lain, pelemahan rupiah terhadap dollar AS ini diperkirakan bersifat sementara,"

Selain itu, dampak kenaikan suku bunga acuan BI dapat berdampak  pada perekonomian mengingat kenaikan suku bunga kebijakan BI akan direspon oleh kenaikan suku bunga perbankan termasuk suku bunga kredit.

"Ini berpontesi akan mendorong kenaikan cost of borrowing yang akan menahan upaya untuk memperkuat momentum pertumbuhan," tukas Josua. (A-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More