Anies Putuskan Jual Saham Pemprov DKI di Perusahaan Bir

Penulis: Nicky Aulia Widadio Pada: Rabu, 16 Mei 2018, 19:39 WIB Megapolitan
Anies Putuskan Jual Saham Pemprov DKI di Perusahaan Bir

MI/ARYA MANGGALA

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno memastikan saham pemprov di perusahaan produsen bir dan minuman beralkohol, PT Delta Djakarta dijual.

"Pemprov DKI Jakarta memastikan akan melepas 26,25 persen saham di perusahaan PT Delta Djakarta, perusahaan pembuat bir. Jadi 26,25% itu kita pasti lepas. Jadi ini bukan akan dilepas, tapi pasti dilepas," tegas Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (16/5).

Anies pun mengaku tidak memusingkan nilai dividen yang disumbang PT Delta Djakarta sebesar rata-rata Rp38 miliar per tahun. Pemprov DKI Jakarta pun akan menerima Rp1 triliun dari nilai penjualan saham PT Delta.

Anies-Sandi pun berencana memanfaatkan hasil penjualan saham itu untuk pembangunan. Dia mencontohkan seperti penciptaan lapangan kerja, fasilitas pendidikan, atau program-program terkait kesehatan.

"Jadi kalau kita mau mendapatkan 1 triliun rupiah dengan mempertahankan saham di Delta, mungkin kita perlu 30 tahun lebih baru bisa dapat angka satu triliun. Karena itu kita lepas dan kita gunakan dananya nanti untuk kegiatan pembangunan yang dampaknya akan langsung dirasakan oleh masyarakat," jelas Anies.

Sementara Sandiaga menuturkan proses penjualan saham PT Delta akan berjalan secara transparan. Pelepasan saham ini telah menjadi janji kampanye Anies-Sandi sejak Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu. Pertimbangan ini pun telah melalui diskusi dengan mitra mereka, yakni San Miguel yang memiliki 58,33% saham. Sementara sisanya 15,41% dimiliki publik.

Menurut Sandiaga San Miguel ingin melakukan ekspansi, namun terhalang karena posisi Pemprov DKI yang tidak bisa menambah investasi di PT Delta Djakarta.

"Karena mereka ingin berkembang, mereka tentunya harus juga mendapatkan opsi untuk bisa menambah modal dan ini bisa difasilitasi dengan keputusan kita untuk melepaskan saham ini," jelas Sandiaga.

Pemprov DKI memiliki saham di PT Delta Djakarta sejak era Gubernur Ali Sadikin. Salah satu alasannya ialah agar industri hiburan di Jakarta tidak perlu mengimpor bir dari luar negeri. Seiring berjalannya waktu, Delta Djakarta pun menjadi pemain utama produsen bir di tanah air. (OL-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More