Polri akan Gelar Operasi Among Raga saat Asian Games

Penulis: Budi Ernanto Pada: Rabu, 16 Mei 2018, 19:25 WIB Olahraga
Polri akan Gelar Operasi Among Raga saat Asian Games

MI/BARY FATHAHILAH

LAZIMNYA pelaksanaan event internasional, penyelenggaraan Asian Games di Stadion Umum Gelora Bung Karno, Senayan, juga akan dijaga ketat.

Sebanyak 4.185 personel akan dikerahkan untuk mengamankan acara pembukaan dan penutupan  pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia tersebut di Senayan, Agustus nanti.

Asisten Operasional Kepala Polri Inspektur Jenderal Deden Juhara mengatakan seluruh personel akan ditempatkan di dalam dan luar area GBK.

Menurut dia,  pengamanan SU GBK nanti dibagi menjadi empat lapis. Lapis pertama ada di dalam SU GBK dan lapis empat di luar kawasan SU GBK. “Pengamanan untuk 70 ribu orang yang diprediksi memenuhi SU GBK, termasuk tamu VIP, kontingen atlet dari 45 negara, performer, penonton, dan media,” kata Deden di Jakarta, Rabu (16/5).

Sementara saat Asian Games berlangsung mulai 18 Agustus, Polri akan menggelar Operasi Among Raga selama 16 hari hingga hari penutupan. Fokus kegiatan adalah mengantisipasi ancaman kejahatan konvensional, seperti pencopetan dan perampokan, aksi teror dan unjuk rasa, serta pelanggaran lalu lintas.

“Operasi Among Raga dilakukan di arena dan nonarena pertandingan. Kemudian akan dilakukan juga manajemen lalu lintas berupa pengawalan dan penjagaan kontingen sepanjang rute dari tempat menginap atlet hingga arena pertandingan,” kata Deden.

Seperti diwartakan sebelumnya, Direktur Pusat Pengelola Komplek GBK Winarto mengatakan bahwa ada kamera pengenal wajah yang ditempatkan di dalam stadion. Kamera tersebut bisa fokus ke wajah masing-masing orang.

“Kamera itu tersambung langsung dengan data base Detasemen Khusus 88 Polri. Sehingga, jika ada teroris kemudian kamera akan mencocokkannya, jika cocok maka alarmnya akan berbunyi," ujar Winarto.

Tidak hanya merekam wajah per orang, kamera itu juga dapat mendeteksi barang atau wujud yang tidak bergerak. Jadi, jika ada barang tertinggal kamera bakal memberikan tanda khusus. (E-2)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More