Kilauea Muntahkan Abu Vulkanik, Hawaii Siaga Merah

Penulis: Denny Parsaulian Pada: Rabu, 16 Mei 2018, 11:57 WIB Internasional
Kilauea Muntahkan Abu Vulkanik, Hawaii Siaga Merah

Gunung api Kilauea, Hawaii -- Mario Tama/Getty Images/AFP

EMBUSAN besar abu vulkanik dimuntahkan Gunung api Kilauea, Hawaii, Selasa (15/5). Hal itu mendorong pihak berwenang untuk mengeluarkan peringatan tentang kualitas udara dan kemungkinan adanya letusan besar.

Badan Pertahanan Sipil Hawai mengatakan hujan batu dan ledakan gas dari salah satu kawah di Kilauea telah menimbulkan gumpalan abu yang terembus ke arah barat daya.

Pihak berwenang mengatakan awan abu setinggi 10.000-12.000 kaki (3.000 hingga 3.600 meter) telah memicu dikeluarkannya peringatan kode merah.

Mereka memperingatkan bahwa warga di jalur awan bakal mengalami masalah pernapasan. Mereka harus memaksa orang-orang agar terhindar dari paparan abu dan disarankan mengemudi dengan hati-hati.

Semburan abu terjadi saat celah baru terbuka di Big Island, lokasi kawah berada. Celah itu terjadi setelah terjadi letusan gunung berapi pada 3 Mei.

Dinas Pertahanan Sipil mengatakan gas berbahaya dikeluarkan dari celah dekat subdivisi Lanipuna Gardens. Rakyat telah dievakuasi dan penduduk lainnya didesak menjauh.

"Kondisi Merah berarti bahaya langsung terhadap kesehatan sehingga perlu mengambil tindakan untuk membatasi paparan lebih lanjut," kata lembaga itu dalam sebuah pernyataan. "Kondisi yang parah mungkin akan ada seperti tersedak dan sulit bernapas. Ini adalah situasi serius yang memengaruhi seluruh populasi."

Sejauh ini, sekitar 40 rumah dan bangunan lain telah dihancurkan lahar yang dimuntahkan gunung berapi yang terletak di bagian tenggara Pulau Besar itu.

Para ilmuwan mengatakan bahwa ketika lava terus menurun di kawah, lebih banyak celah kemungkinan akan terbuka di tanah dan telah memperingatkan letusan gunung berapi besar.

Kilauea adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia dan satu dari lima di pulau itu. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More