Globalisasi dan Efek Batu Bara

Penulis: Irene Harty Pada: Rabu, 16 Mei 2018, 10:02 WIB Humaniora
Globalisasi dan Efek Batu Bara

MI/Duta

FASE baru globalisasi dapat memperburuk polusi karbon dioksida. Itu menurut studi yang dipimpin Jing Meng di University of Cambridge, Inggris. Menurut dia, perdagangan antar-negara berkembang tiga kali lebih cepat selama periode 2005-2015.

Terjadi pula pergeseran manufaktur ke negara-negara yang masih menggunakan tenaga batu bara. Tiongkok dan India dikatakan sedang memperlambat konsumsi batu bara mereka dengan membatalkan lebih dari 50% rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara.

Di sisi lain, peningkatan penggunaan batu bara di Turki dan Vietnam, misalnya, akan meningkatkan emisi karbon dioksida hingga empat atau sepuluh kali lipat selama periode 2012 hingga 2030. (AFP/Ire/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

BEBERAPA waktu lalu, nama Bung Hatta kembali ramai dibicarakan publik. Berawal dari pernyataan Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar, di sebuah video yang mengatakan kalau cawapresnya, Sandiaga Uno adalah sosok baru dari Bung Hatta. Hal itu langsung menuai keberatan dari cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Sebelumnya, kubu Prabowo-Sandiaga juga sempat menyandingkan nama pahlawan seperti Cut Nyak Dien dan Kartini dengan Ratna Sarumpaet dan Neno Warisman. Setujukah Anda apabila pahlawan dijadikan komoditas politik guna meraih simpati masyarakat?





Berita Populer

Read More