Umat Islam Diimbau Tebarkan Damai

Penulis: MI Pada: Rabu, 16 Mei 2018, 09:31 WIB Ramadan
Umat Islam Diimbau Tebarkan Damai

ANTARA/ AHMAD SUBAIDI
MenĀ­teri Agama Lukman Hakim Saefuddin

MEMASUKI bulan suci Ramadan 1439 H pada Kamis (17/5), seluruh umat Islam diimbau senantiasa menebarkan kedamaian dalam keseharian mereka. Imbauan itu dikemukakan Men­teri Agama Lukman Hakim Saefuddin seusai konferen­si pers hasil sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, kema­rin (Selasa, 15/5/2018).

“Islam tidak mengajarkan kekerasan. Islam sejatinya aga­ma yang membawa kedamaian. Kendati demikian, kita semua tetap harus menjaga kewaspa­daan,” kata Lukman.

Ketua Bidang Infokom Majelis Ulama Indonesia (MUI) Masdu­ki Baidlowi pun mengimbau umat Islam untuk menjadikan Ramadan sebagai momentum kebangkitan spiritual. Dia juga menyerukan agar dalam beribadah umat Islam hanya mengharap rida Allah dan men­junjung toleransi dan sa­ling menghargai antarsesama.

“Kami mengimbau kaum mus­limin untuk menjadikan Ra­madan sebagai momentum kebangkitan spiritual berdasar­kan iman, ilmu, dan amal soleh,” ujar Masduki.

Berdasarkan sidang isbat dari laporan di 95 titik pantauan hilal di 32 provinsi, pemerintah menetapkan awal puasa Ramadan 1439 H jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018.

“Dari laporan tim hisab dan rukyat bahwa posisi hilal masih di bawah ufuk dan tidak ada satu pun yang melihat hi­lal di Tanah Air dan berbagai negara sehingga perhitungan bulan Syakban kita istimalkan atau genapkan menjadi 30 hari. Dengan demikian, 1 Ramadan jatuh pada Kamis, 17 Mei,” ujar Menteri Agama.

Sidang isbat itu dihadiri Dir­jen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin, Ketua MUI KH Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher Parasong, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, dubes negara-negara sahabat, serta perwakilan PBNU, Muhammadiyah, dan ormas Islam lainnya.

“Saya berharap keputusan ini memberikan kebaikan dan berkah. Atas nama pemerintah, kami menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa Ra­madan. Semoga ibadah mahdoh dan ibadah sosial kita lebih me­ningkat dan memberi manfaat buat kita semua,” ungkap Lukman.

Terkait dengan awal ­Ramadan tahun ini dapat jatuh bersamaan dengan Muhammadiyah yang terlebih dahulu ­menetapkan pada 17 Mei, menurut Lukman, hal itu merupakan anugerah dari Allah SWT.

“(Kita) bersama-sama meng-awali Ramadan dengan tetap me­nebarkan kemaslahatan yang intinya membawa rahmat bagi alam semesta,” tandas ­Lukman. (Bay/Ant/X-3)

 

Terkini Ramadan

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Minggu, 27 Mei 2018 / 11 Ramadan 1439 H
Wilayah Jakarta Barat
Imsyak : 4:26 WIB
Subuh : 4:36 WIB
Terbit : 5:54 WIB
Dhuha : 6:18 WIB
Dzuhur : 11:52 WIB
Ashar : 15:14 WIB
Maghrib : 17:46 WIB
Isya : 19:00 WIB


Read More