Spike Lee Kecam Trump di Festival Film Cannes

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Rabu, 16 Mei 2018, 06:45 WIB Hiburan
Spike Lee Kecam Trump di Festival Film Cannes

AFP/Laurent EMMANUEL

SPIKE Lee, Selasa (15/5), melancarkan kritik tajam terhadap Presiden Amerika Serikat Donald Trump setelah pemutaran perdana film terbarunya, BlacKkKlansman, yang meraih sambutan meriah di Festival Film Cannes.

Bergetar karena marah, Lee menyebut penolakan Trump untuk mengutuk aksi berdarah kelompok sayap kanan di Charlottesville pada Agustus lalu akan menjadi momen penting dalam masa jabatannya.

"Bedebah itu mendapatkan kesempatan untuk mengatakan bahwa kita berbicara mengenai cinta bukan benci namun bedebah itu menolak mengecam Klan, sayap kanan, dan kelompok Nazi bedebah itu," ujar Lee.

Sutradara berusia 61 itu bercerita menenai kisah nyata Ron Stallworth, polisi kulit hitam pertama di Kepolisian Colorado Springs yang berhasil menginfiltrasi kelompok Ku Klux Klan pada 1970.

Polisi yang diperankan oleh John David Washington, putra Denzel Washington, melakukan penyelidikan mayoritas dengan menggunakan telepon dan kemudian meminta bantuan polisi kulit putih (Adam Driver) saat tiba waktunya bertemu langsung dengan anggota KKK.

Gambar terakhir film itu menampilkan aksi demonstrasi kelompok nasionalis kulit putih di Charlottesville, Virginia, Agustus lalu yang menyebabkan Heather Heyer, 32, terbunuh dan puluhan lainnya terluka. Trump menyalahkan kedua kelompok atas pertumpahan darah itu.

Lee mendedikasikan film itu untuk Heyer dan berencana merilis film tersebut saat peringatan pertama demonstrasi Charlottesville. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More