Tim Hasanuddin-Anton Laporkan Sudrajat-Syaikhu ke Bawaslu

Penulis: Antara Pada: Selasa, 15 Mei 2018, 21:35 WIB Pilkada
Tim Hasanuddin-Anton Laporkan Sudrajat-Syaikhu ke Bawaslu

ist

TIM pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut dua Hasanuddin-Anton Charliyan melaporkan Sudrajat-Ahmad Syaikhu ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar atas dugaan pelanggaran yang dilakukan saat debat publik.

"Tim pemenangan Hasanah dengan pendukung dari PDIP melaporkan paslon nomor tiga, langsung paslonnya, terkait dengan kejadian pada debat pilgub (Senin, 14/5) tadi malam di UI (Universitas Indonesia) Depok," ujar Ketua Tim Advokasi Badan Bantuan Hukum DPD PDIP Jabar, Rafael Situmorang, di Kantor Bawaslu Jabar, Bandung, Selasa (15/5).

Menurutnya, pasangan nomor tiga itu diduga telah melanggar beberapa pasal mengenai penyelenggaran pemilihan kepala daerah dengan membawa unsur yang seharusnya tidak dibawa dalam kampanye Pemilihan Kepala Daerah Jabar.

Saat debat publik kedua Pilgub Jabar, pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu memberikan pernyataan yang menyulut emosi pendukung lain. Saat itu, Sudrajat menyinggung mengenai pergantian presiden pada 2019, apabila pasangan tersebut terpilih di Pilgub Jabar.

"Ada beberapa pelanggaran yang dilakukan paslon nomor tiga, pertama Pasal 69 huruf e, Pasal 72, Pasal 187, Pasal 187 ayat 2, dan Pasal 187 Ayat 4 UU tentang Pemilihan Kepala Daerah," katanya.

Sementara itu, Koodinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Wasikin Marzuki mengapresiasi upaya tim pemenangan Hasanah yang melakukan pelaporan sesuai dengan peraturan yang ada.

Setelah mendapat laporan, Bawaslu Jabar melalui Gakumdu akan segera mengkaji surat pelaporan dalam waktu 1x24 jam. Selain itu, pada Rabu (16/5) besok, Bawaslu juga akan memanggil KPU guna meminta keterangan pasti mengenai kericuhan pada debat Senin kemarin.

"Kami akan membahas sejauh mana dugaan pelanggaran yang terjadi dalam debat kandidat yang ricuh itu. Kami juga akan memanggil KPU untuk mengklarifikasi sebagai penyelenggara sejauh mana tata tertib yang dia bikin," kata dia. (OL-1)

 

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More