1940: Restoran Pertama McDonald’s

Penulis: History | BBC | Dok.mi Pada: Selasa, 15 Mei 2018, 08:50 WIB On This Day
1940:  Restoran Pertama McDonald’s

CREATIVECOMMONS.ORG

MCDONALD'S Corporation ialah perusahaan rumah makan siap saji terbesar di dunia. Restoran pertama McDonald's didirikan pada 15 Mei 1940 di San Bernardino, California, oleh dua bersaudara Dick dan Mac McDonald.

Mereka memperkenalkan speedee service system pada 1948. Sistem itu kemudian menjadi prinsip dasar restoran siap saji modern. Maskot awal McDonald's, yang bernama Speede, ialah pria dengan kepala berbentuk hamburger dan menggunakan topi koki. Speede kemudian digantikan Ronald McDonald pada 1963.

Perusahaan McDonald's tidak menjadikan 1940 sebagai tahun kelahiran. Mereka memilih 15 April 1955. Ketika itu Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald's dari Dick dan Mac di Des Plaines, Illinois.

Kroc kemudian membeli saham dari McDonald's bersaudara. Sikap Kroc bertentangan dengan keinginan McDonald bersaudara. Kedua pihak bertikai untuk mengontrol bisnis tersebut. Namun, akhirnya McDonald bersaudara pergi meninggalkan perusahaan.

Pertikaian itu didokumentasikan baik dalam autobiografi Kroc maupun autobiografi McDonald bersaudara. Tempat McDonald bersaudara pertama kali mendirikan restoran kini dijadikan sebagai monumen.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More