1776: Kapal Uap Pertama Dibangun

Penulis: History | BBC | Dok.mi Pada: Selasa, 15 Mei 2018, 08:40 WIB Humaniora
1776:  Kapal Uap Pertama Dibangun

wikipedia

KAPAL uap pertama dibangun bangsawan Prancis, Marquis de Jouffroy d'Abbans. Sebenarnya ada banyak perselisihan pendapat mengenai siapa sesungguhnya yang membuat kapal uap pertama karena Inggris, Prancis, dan Amerika sama-sama mengklaim mekanik dari negara merekalah yang pertama kali membuat kapal uap.

Namun, sebagian besar dari mereka sepakat usaha serius pertama dalam pembuatan kapal uap dilakukan Marquis de Jouffroy.

Awalnya De Jouffroy belajar di bidang filsafat dan sastra, tapi kemudian bergabung dalam militer Prancis dan di sanalah dia banyak mempelajari navigasi uap.

Pada 1775 dia pergi ke Paris untuk mempelajari mesin uap yang diciptakan James Watt dan akhirnya membuat kapal eksperimen dengan menggunakan mesin uap yang berhasil berlayar di Sungai Doubs di Prancis pada 1776.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

BEBERAPA waktu lalu, nama Bung Hatta kembali ramai dibicarakan publik. Berawal dari pernyataan Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar, di sebuah video yang mengatakan kalau cawapresnya, Sandiaga Uno adalah sosok baru dari Bung Hatta. Hal itu langsung menuai keberatan dari cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Sebelumnya, kubu Prabowo-Sandiaga juga sempat menyandingkan nama pahlawan seperti Cut Nyak Dien dan Kartini dengan Ratna Sarumpaet dan Neno Warisman. Setujukah Anda apabila pahlawan dijadikan komoditas politik guna meraih simpati masyarakat?





Berita Populer

Read More