1796: Jenner Menguji Vaksin Cacar

Penulis: History | BBC | Dok.mi Pada: Senin, 14 Mei 2018, 03:00 WIB On This Day
1796: Jenner Menguji Vaksin Cacar

wikipedia

EDWARD Jenner ialah dokter berkebangsaan Inggris asal Gloucestershire. Ia menjadi orang pertama yang memperkenalkan vaksinasi sebagai pencegahan untuk penyakit cacar. Penyakit cacar ialah penyakit yang menewaskan jutaan orang selama berabad-abad.

Ketika masih menjadi mahasiswa kedokteran, Jenner mengatakan perempuan pemerah susu sering kali menderita penyakit yang disebut cacar sapi. Penyakit itu disebabkan sejenis bisul pada bagian ambing sapi. Beda dengan cacar air yang menyebabkan beberapa koreng pada kulit dan demam sangat tinggi pada manusia, cacar sapi mengarah ke gejala sakit ringan.

Pada 14 Mei 1796, Jenner melakukan percobaan dengan mengambil cairan dari bisul cacar sapi. Cairan tersebut digoreskannya ke kulit James Phipps, bocah berusia 8 tahun. Sebuah bisul tumbuh di wilayah tersebut, tetapi James dengan cepat sembuh kembali.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More