1796: Jenner Menguji Vaksin Cacar

Penulis: History | BBC | Dok.mi Pada: Senin, 14 Mei 2018, 03:00 WIB Humaniora
1796: Jenner Menguji Vaksin Cacar

wikipedia

EDWARD Jenner ialah dokter berkebangsaan Inggris asal Gloucestershire. Ia menjadi orang pertama yang memperkenalkan vaksinasi sebagai pencegahan untuk penyakit cacar. Penyakit cacar ialah penyakit yang menewaskan jutaan orang selama berabad-abad.

Ketika masih menjadi mahasiswa kedokteran, Jenner mengatakan perempuan pemerah susu sering kali menderita penyakit yang disebut cacar sapi. Penyakit itu disebabkan sejenis bisul pada bagian ambing sapi. Beda dengan cacar air yang menyebabkan beberapa koreng pada kulit dan demam sangat tinggi pada manusia, cacar sapi mengarah ke gejala sakit ringan.

Pada 14 Mei 1796, Jenner melakukan percobaan dengan mengambil cairan dari bisul cacar sapi. Cairan tersebut digoreskannya ke kulit James Phipps, bocah berusia 8 tahun. Sebuah bisul tumbuh di wilayah tersebut, tetapi James dengan cepat sembuh kembali.

Berita Terkini

Read More

Poling

BEBERAPA waktu lalu, nama Bung Hatta kembali ramai dibicarakan publik. Berawal dari pernyataan Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar, di sebuah video yang mengatakan kalau cawapresnya, Sandiaga Uno adalah sosok baru dari Bung Hatta. Hal itu langsung menuai keberatan dari cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Sebelumnya, kubu Prabowo-Sandiaga juga sempat menyandingkan nama pahlawan seperti Cut Nyak Dien dan Kartini dengan Ratna Sarumpaet dan Neno Warisman. Setujukah Anda apabila pahlawan dijadikan komoditas politik guna meraih simpati masyarakat?





Berita Populer

Read More