Ramadan di Hotel Berbintang

Penulis: Rizky Noor Alam Pada: Sabtu, 12 Mei 2018, 23:25 WIB Weekend
Ramadan di Hotel Berbintang

MI/ADAM DWI

MEMASUKI bulan suci Ramadan, banyak tradisi dan keunikan yang hanya ditemui setahun sekali, termasuk kuliner. Namun, lima tahun terakhir hampir semua hotel berbintang menghadirkan hidangan bertema Nusantara, tidak terkecuali tahun ini. Meski begitu, tetap ada sejumlah hidangan Timur Tengah turut meramaikan saat berbuka puasa.

Mulai takjil, hidangan utama, dan makanan penutup bernuansa Indonesia. Dari tema Batavia hingga Tempo Doeloe semua bisa dipilih Anda untuk bersantap bersama keluarga, rekan kerja, atau teman-teman. (M-3)

Pasar Malam Batavia

MENGUSUNG konsep Click Clock Ramadan, Hotel Le Meridien Jakarta menawarkan tiga destinasi berbuka puasa, baik Nusantara, internasional, maupun Timur Tengah. Tiga pilihan itu berada di tiga lokasi di hotel tersebut, Puri Asri Function Room, restoran La Brasserie, dan restoran Al Nafoura mulai 15 Mei-14 Juni.

Di Puri Asri Function Room, pengunjung akan disuguhkan beragam makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia dengan mengusung tema Batavia night market. Beragam jajanan pasar, kue putu, gado-gado, kerak telur, kolak, maupun toge goreng khas Bogor dengan cita rasa bintang 5 dapat Anda nikmati dengan suasana pasar tradisional yang unik. Untuk menikmati beragam makanan di Batavia Night Market, Anda akan dikenakan biaya Rp299 ribu nett per orang.

Jika Anda ingin menikmati menu buka puasa yang lebih mewah coba ke restoran La Brasserie. Mengusung tema Flavours of iftar, restoran ini akan memanjakan Anda dengan menu hidangan yang eksotis seperti nasi rempah ayam, roasted marinated lamb leg with black tamarin, maupun sup buntut. Untuk pencuci mulut, Anda akan dihidangkan pilihan yang juga beragam seperti mille-feuille dan es krim baskin robbins. Untuk menikmati Flavours of iftar, Anda akan dikenakan biaya Rp395 ribu ++, sedangkan cita rasa autentik Timur Tengah hadir di restoran Al Nafoura. Bertema A night in Middle East, restoran ini menyajikan shawarma yang lezat dengan daging panggang yang lembut, beragam pilihan seafood yang segar maupun pilihan menu khas Timur Tengah lainnya, seperti hummus, haruf ouzi, mezzeh, dan tabuleh. Untuk pencuci mulut, Al Afoura menyajikan beragam pencuci mulut khas Timur Tengah, seperti es krim turki, baklava, dan umm ali. Untuk menikmati beragam sajian tersebut Anda harus merogoh kocek sebesar Rp410 ribu ++.

Kampung Betawi

KONSEP Kampung Betawi ditawarkan Double Tree by Hilton Jakarta. Hotel yang terletak di kawasan Diponegoro Jakarta Pusat ini menyuguhkan beragam makanan nusantara menggunakan gerobak-gerobak khas pedagang kaki lima. Ada kerak telur, bakso malang, nasi goreng mawut, sate campur, dan rujak buah sambal kacang. Para pengunjung juga dimanjakan dengan sajian hidangan penutup, seperti es krim turki, kopi keliling, es campur, teh tarik, serta durian yang selalu menjadi favorit.

Pengunjung dapat menikmati lebih dari 400 jenis hidangan buffet, seperti tom yum, aneka sushi dan sashimi, aneka seafood lainnya. Selama Ramadan (15 Mei-15 Juni) pengunjung bisa menikmati penampilan tarian sufi. Semua bisa dinikmati dengan membayar Rp458 ribu ++ per orang.

Cita rasa Timur Tengah hadir di restoran Sea Gran di lantai 3 hotel Double Tree by Hilton Jakarta. Rasa autentik itu ditangani langsung chef Zouhair Abbad dari Hilton Jeddah. Chef berdarah Maroko tersebut secara khusus akan memasak masakan Timur Tengah selama Ramadan.

Chef Zouhair akan mempergunakan berbagai rempah-rempah khas Timur Tengah dalam hidangan favorit tempo dulu seperti fish harra (ikan bumbu pedas) ada pula shish taouk (semacam satai daging ayam dengan potongan besar yang dipanggang dengan beragam bumbu rempah dan yoghurt), ada pula lamb kofta yang terbuat dari daging kambing yang dihaluskan bersama bumbu-bumbu rempah dan ditusuk seperti satai (mirip satai lilit bali) dan dinikmati dengan oriental rice, yaitu nasi yang sudah dimasak dengan bumbu rempah sehingga memiliki rasa dan aroma yang khas. Tidak hanya itu, chef Zouhair juga menghidangkan beragam salad khas Timur Tengah seperti, tabuleh, baba ganoush, dan mutabal.

Anda dapat menikmati hidangan prasmanan mewah khas Timur Tengah ala chef Zouhair Abbad hanya dengan Rp388 ribu ++ per orang dan ada harga spesial untuk minggu pertama dan minggu kedua Ramadan, yaitu Rp288 ribu ++ per orang.

Manis saat Berbuka

MENU spesial juga dihadirkan Hotel Grand Kemang. Hotel yang terletak di jantung kawasan Kemang, Jakarta Selatan itu menyajikan berbagai pilihan tradisional takjil manis dan segar mulai dari makanan tradisional Indonesia hingga Asia dan Barat.

Melalui restoran Sperta, Anda dapat menikmati aneka takjil, seperti kurma, kolak pisang, kolak ubi, bubur kacang hijau, bakwan udang, tempe mendoan, salad, vegetable spring rolls, dan banyak lagi. Untuk hidangan utamanya, Anda dapat menikmati sajian lokal, Asia, Timur Tengah, dan masakan Barat yang dibuat dengan bahan-bahan berkualitas, seperti sup tom yum, bulgogi daging sapi, pasta, tumis kacang dan wortel prancis, ikan panggang dengan saus lemon mentega, phad thai, cripsy calamari with thai dipping sauce, baked macaroni, cap cay, ikan saus asam manis, dan perkedel kentang.

Sebagai penutup hidangan manis yang bisa dinikmati ada es krim, aneka kue prancis mini, puding cokelat panas, wafel, kue cubit, dan pisang goreng. Semua hidangan mewah dari takjil ke makanan penutup hanya dengan ditawarkan seharga Rp199 ribu ++ per orang.

Tempo Doeloe

RESEP-Resep autentik diangkat Asia Restauretant dan Lobo di Hotel The Ritz Carlton Jakarta, Mega Kuningan. Mengusung tema Ramadan tempo doeloe, sejumlah hidangan yang bisa dicicipi, seperti gurame kencong, nasi kebuli, kare kameng, bubur ase, sie itiek, bakso, bubur ketan hitam, dan ayam betutu.

"Kita ingin menyajikan sesuatu yang berbeda dengan menggali resep-resep kuno," ujar Adeza Hamzah selaku Cluster Director of Communications dari The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan, dan JW Marriott Hotel Jakarta.

Senada dengan Adeza, Rizky Irvansyah, director of food & beverage mengaku akan ada sejumlah minuman tradisonal yang akan dirotasi. Salah satunya bir pletok.

Menu autentik itu dihidangkan secara buffet sehingga pengunjung bisa memilih. Ada juga kue signature cendol cake, es krim buatan sendiri.

Kenikmatan makalan lokal bisa dinikmati dengan harga Rp368 ribu ++ dari Senin hingga Kamis, dan Rp468 ribu ++ pada Jumat hingga Minggu. Seluruh harga sudah termasuk hidangan takjil dan minum es teh dan air putih sepuasnya.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More