Munculnya Uban Terkait dengan Sistem Imun Tubuh

Penulis: (PLOS Biology/Grt/L-2) Pada: Sabtu, 12 Mei 2018, 08:00 WIB Teknologi
Munculnya Uban Terkait dengan Sistem Imun Tubuh

GETTY IMAGES

PARA peneliti di National Institutes of Health dan University of Alabama Birmingham baru-baru ini menemukan hubungan antara gen yang berkontribusi terhadap warna rambut dan gen yang memberitahu tubuh kita tentang infeksi patogen.

Sebuah tautan tak terduga ditemukan antara rambut beruban dengan sistem imun. Kaitan tersebut terdapat dalam satu gen yang ditemukan dalam sel melanosit yang merupakan faktor transkripsi melanogenesis atau gen MITF.

MITF terkenal karena perannya dalam mengatur banyak fungsi produksi melanin.

Para peneliti menemukan MITF juga berfungsi untuk menjaga repons interferon melanosit pada sel. Jika pengawasan MITF terhadap respons interferon hilang dalam sel induk melanosit, akan menghasilkan rambut yang beruban.

"Penemuan ini menunjukkan gen yang mengontrol pigmen pada rambut dan kulit juga bekerja untuk mengendalikan sistem kekebalan tubuh bawaan," kata William Pavan, peneliti di National Human Genome research Institute NIH (NHGRI).

"Hasil ini dapat meningkatkan pemahaman kita tentang rambut beruban dan sistem imun. Lebih penting lagi ini akan membantu kita memahami penyakit pigmentasi dengan keterlibatan sistem kekebalan tubuh bawaan seperti vitiligo."

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More