17 Tahun, Usia Terbaik untuk Belajar Bahasa Kedua

Penulis: (iflscience/Hnf/L-2) Pada: Sabtu, 12 Mei 2018, 07:40 WIB Teknologi
17 Tahun, Usia Terbaik untuk Belajar Bahasa Kedua

SHUTTERSTOCK

SEBAGIAN di antara kita mungkin sering mendengar ungkapan 'semakin tua akan semakin sulit untuk belajar'.

Ungkapan tersebut bisa jadi benar pasalnya sebuah penelitian terbaru memverifikasi gagasan tersebut. Bahkan, penelitian tersebut juga menemukan titik krusial dalam kehidupan seseorang, yaitu belajar bahasa kedua ialah hal yang mudah.

Tim ilmuwan kognitif dari Boston College, MIT, dan Harvard University mengumpulkan data dari sekitar 7oo ribu orang yang berbahasa Inggris yang ikut serta dalam sebuah kuis di Facebook.

Pada kuis tersebut pengguna akan ditanya soal usia dan sejarah bahasa mereka, lalu dilanjutkan dengan serangkaian uji terkait dengan tata bahasa.

Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa usia terbaik bagi otak untuk mempelajari bahasa kedua ialah ketika berusia 17,4 tahun.

Setelah melewati usia tersebut, secara teoretis seseorang tidak akan bisa berbicara selancar penutur asli. Hasil tersebut mengejutkan karena satu dasawarsa lebih lama jika dibandingkan dengan prediksi para ilmuwan.

Para peneliti berharap temuan itu dapat menjadi dasar bagi penelitian-penelitian lain di luar ilmu kognitif. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan pada jurnal Cognition.     

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More