Puasa Tingkatkan Regenerasi Sel-Sel Penting

Penulis: (iflscience/Hnf/L-2) Pada: Sabtu, 12 Mei 2018, 07:20 WIB Eksplorasi
Puasa Tingkatkan Regenerasi Sel-Sel Penting

SHUTTERSTOCK

PUASA terbukti memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu yang terbaru ialah mampu mengembalikan fungsi yang terkait dengan usia sel induk di usus. Puasa terbukti secara dramatis mampu meningkatkan regenerasi sel-sel penting.

Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal sains Cell Stem Cell tersebut mempelajari efek puasa pada sel usus tikus muda dan tikus tua. Puasa tersebut dilakukan selama 24 jam. Ketika tikus mulai berpuasa, PPARs (Peroxisome proliferator-activated receptor) mulai diaktifkan. PPARs merupakan protein yang membantu mengubah DNA menjadi RNA.

Ketika itu dinonaktifkan, sel-sel tidak bisa membakar asam lemak. Akibatnya, mereka tidak dapat meningkatkan regenerasi. Sebaliknya, ketika PPARs diaktifkan saat tidak berpuasa sekali pun, masih akan menguntungkan bagi sel.

Setelah sehari berpuasa, sel-sel tersebut akan mengalami perubahan perilaku. Mereka berhenti membakar karbohidrat dan mulai membakar lemak. Sel-sel pun akan membakar asam lemak. Hal tersebut meningkatkan fungsi sel.

Hasil temuan tersebut menuntun peneliti pada penelitian selanjutnya untuk mengetahui apakah sel-sel di bagian lain pada tubuh juga dapat melakukan hal yang sama. 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More