Puasa Tingkatkan Regenerasi Sel-Sel Penting

Penulis: (iflscience/Hnf/L-2) Pada: Sabtu, 12 Mei 2018, 07:20 WIB Teknologi
Puasa Tingkatkan Regenerasi Sel-Sel Penting

SHUTTERSTOCK

PUASA terbukti memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu yang terbaru ialah mampu mengembalikan fungsi yang terkait dengan usia sel induk di usus. Puasa terbukti secara dramatis mampu meningkatkan regenerasi sel-sel penting.

Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal sains Cell Stem Cell tersebut mempelajari efek puasa pada sel usus tikus muda dan tikus tua. Puasa tersebut dilakukan selama 24 jam. Ketika tikus mulai berpuasa, PPARs (Peroxisome proliferator-activated receptor) mulai diaktifkan. PPARs merupakan protein yang membantu mengubah DNA menjadi RNA.

Ketika itu dinonaktifkan, sel-sel tidak bisa membakar asam lemak. Akibatnya, mereka tidak dapat meningkatkan regenerasi. Sebaliknya, ketika PPARs diaktifkan saat tidak berpuasa sekali pun, masih akan menguntungkan bagi sel.

Setelah sehari berpuasa, sel-sel tersebut akan mengalami perubahan perilaku. Mereka berhenti membakar karbohidrat dan mulai membakar lemak. Sel-sel pun akan membakar asam lemak. Hal tersebut meningkatkan fungsi sel.

Hasil temuan tersebut menuntun peneliti pada penelitian selanjutnya untuk mengetahui apakah sel-sel di bagian lain pada tubuh juga dapat melakukan hal yang sama. 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More