Teknologi CCTV dengan Kecerdasan Buatan Memudahkan Aktivitas Manusia

Penulis: Syarief Oebaidillah Pada: Kamis, 10 Mei 2018, 22:05 WIB Teknologi
Teknologi CCTV dengan Kecerdasan Buatan Memudahkan Aktivitas Manusia

Ist

KEHADIRAN teknologi Artificial Intelligence (AI) dewasa ini menawarkan kemudahan dalam produktivitas manusia. Sistem AI sering digunakan dalam beberapa bidang penting seperti sistem keamanan, obat-obatan, teknik industri, dan militer.

Pada dasarnya, AI merupakan sistem kecerdasan buatan yang dimiliki oleh komputer guna menjawab persoalan-persoalan yang dirancang untuk memudahkan aktivitas kehidupan manusia.

Contoh nyata penerapan AI, antara lain gim komputer, sistem kontrol, robotik, dan kamera pengawas (CCTV). Berkat adanya teknologi AI, sebuah sistem mampu membuat keputusan atau penyesuaian sendiri, bahkan membantu para penggunanya dalam beraktivitas sehari-hari.

Dahua Technology sebagai penyedia solusi video surveillance and security system, menghadirkan teknologi Dahua AI yang menawarkan kemudahan dalam pengolahan data.

Solusi keamanan Dahua AI dapat diterapkan pada aplikasi seperti ritel, manajemen lalu lintas, logistik dan pergudangan, selain itu dapat meningkatkan kecerdasan kinerja bisnis dan menciptakan nilai nyata pada industri fisik.

Beberapa fitur dari AI yang diterapkan dalam dunia CCTV adalah fitur Face Recognition, License Plate Recognition, ANPR, dan People Counting. Dengan teknologi tersebut, kamera dapat merekam data wajah orang maupun pelat nomor kendaraan yang nantinya dikumpulkan pada sebuah pusat data, sehingga memudahkan polisi untuk menangkap mereka yang melakukan tindak kriminal dan juga pelanggaran lalu lintas.

Beberapa waktu lalu, polisi China berhasil membekuk pelaku tindak kriminal di lokasi konser musik yang tengah digelar. Peringkusan tersebut dilakukan setelah polisi mengenali wajah pelaku lewat sejumlah kamera yang dipasang di sekitar arena konser.

Kamera-kamera tersebut telah dilengkapi teknologi Face Recognition atau pengenal wajah, sehingga bisa mengenali wajah pelaku di antara 60.000 penonton konser.

Dahua Technology sendiri ialah Top 3 produk surveilans untuk jenis CCTV secara global dengan jajaran merek keamanan terdepan dengan High Quality Product yang terus berkembang. Dahua hadir untuk menjawab kebutuhan keamanan, dengan menghadirkan teknologi CCTV terbaru dan juga andal.

"Dahua memiliki total security system end-to-end solution yang lengkap dan dapat memenuhi semua kebutuhan surveilans mulai dari consumer product sampai project-based di semua jenis industri. Ditambah dengan jaringan partner dari PTI yang tersebar luas di Indonesia, tentunya akan memberikan layanan yang cepat dan tepat kepada customer di area mana pun,” ungkap Herry Tjhin Project Sales Manager Dahua Technology melalui rilis yang diterima, Kamis (10/5).

PT Pasifik Teknologi Indonesia (PTI) merupakan distributor pertama, terbesar, dan terlengkap untuk merek Dahua di Indonesia. PTI tumbuh berkembang secara signifikan dan konsisten untuk menjadi distributor terdepan melalui kerja keras, komitmen, dedikasi, serta profesionalisme dalam bidang keamanan CCTV dengan produk yang berkualitas. Saat ini, PTI sudah memiliki lebih dari 1.000 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. (RO/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More