1891: Skandal Otsu

Penulis: History | BBC | Dok.mi Pada: Jumat, 11 Mei 2018, 05:30 WIB Humaniora
1891: Skandal Otsu

WIKIPEDIA

SKANDAL Otsu merupakan julukan untuk percobaan pembunuhan yang gagal terhadap Tsarevich Nicholas Alexandrovich, kelak menjadi Tsar Nicholas II, ketika ia mengunjungi Jepang dalam perjalanannya ke negara-negara Timur.

Peristiwa itu terjadi ketika Nicholas dalam perjalanan pulang menuju Kyoto setelah mengunjungi Danau Biwa di Otsu, Prefektur Shiga.

Ia diserang Tsuda Sanzo, polisi pengawal Nicholas, yang pada saat itu mengayunkan pedang ke wajah Nicholas. Walau serangan tersebut berhasil ditepis sepupunya, Nicholas pun terluka di kening kanan dan terukir luka parut sepanjang 9 sentimeter.

Tsuda Sanzo akhirnya disidangkan di bawah Hukum Kriminal Artikel 116 yang mensyaratkan hukuman mati atas tindakannya yang melawan kaisar, permaisuri, atau pangeran Jepang.

Akan tetapi, Ketua Peradilan Kojima Iken menyatakan Artikel 116 tidak berlaku untuk kasus Tsuda Sanzo dan malah menjatuhkan hukuman seumur hidup.

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More