1891: Skandal Otsu

Penulis: History | BBC | Dok.mi Pada: Jumat, 11 Mei 2018, 05:30 WIB Humaniora
1891: Skandal Otsu

WIKIPEDIA

SKANDAL Otsu merupakan julukan untuk percobaan pembunuhan yang gagal terhadap Tsarevich Nicholas Alexandrovich, kelak menjadi Tsar Nicholas II, ketika ia mengunjungi Jepang dalam perjalanannya ke negara-negara Timur.

Peristiwa itu terjadi ketika Nicholas dalam perjalanan pulang menuju Kyoto setelah mengunjungi Danau Biwa di Otsu, Prefektur Shiga.

Ia diserang Tsuda Sanzo, polisi pengawal Nicholas, yang pada saat itu mengayunkan pedang ke wajah Nicholas. Walau serangan tersebut berhasil ditepis sepupunya, Nicholas pun terluka di kening kanan dan terukir luka parut sepanjang 9 sentimeter.

Tsuda Sanzo akhirnya disidangkan di bawah Hukum Kriminal Artikel 116 yang mensyaratkan hukuman mati atas tindakannya yang melawan kaisar, permaisuri, atau pangeran Jepang.

Akan tetapi, Ketua Peradilan Kojima Iken menyatakan Artikel 116 tidak berlaku untuk kasus Tsuda Sanzo dan malah menjatuhkan hukuman seumur hidup.

Berita Terkini

Read More

Poling

POLISI tidak langsung menangkap creator dan buzzer berita bohong atau hoaks mengenai 7 kontainer surat suara tercoblos di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Alasannya, aparat masih melakukan pendalaman dari sisi aspek alat bukti untuk penyelidikan kasus tersebut dan masih menunggu hasil laboratorium forensik terkait identifikasi suara. Setujukah Anda dengan sikap Polri tersebut?





Berita Populer

Read More