1891: Skandal Otsu

Penulis: History | BBC | Dok.mi Pada: Jumat, 11 Mei 2018, 05:30 WIB On This Day
1891: Skandal Otsu

WIKIPEDIA

SKANDAL Otsu merupakan julukan untuk percobaan pembunuhan yang gagal terhadap Tsarevich Nicholas Alexandrovich, kelak menjadi Tsar Nicholas II, ketika ia mengunjungi Jepang dalam perjalanannya ke negara-negara Timur.

Peristiwa itu terjadi ketika Nicholas dalam perjalanan pulang menuju Kyoto setelah mengunjungi Danau Biwa di Otsu, Prefektur Shiga.

Ia diserang Tsuda Sanzo, polisi pengawal Nicholas, yang pada saat itu mengayunkan pedang ke wajah Nicholas. Walau serangan tersebut berhasil ditepis sepupunya, Nicholas pun terluka di kening kanan dan terukir luka parut sepanjang 9 sentimeter.

Tsuda Sanzo akhirnya disidangkan di bawah Hukum Kriminal Artikel 116 yang mensyaratkan hukuman mati atas tindakannya yang melawan kaisar, permaisuri, atau pangeran Jepang.

Akan tetapi, Ketua Peradilan Kojima Iken menyatakan Artikel 116 tidak berlaku untuk kasus Tsuda Sanzo dan malah menjatuhkan hukuman seumur hidup.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More