Lepas Landas Menuju Hidup Digital

Penulis: Retno Hemawati Pada: Jumat, 11 Mei 2018, 02:15 WIB Humaniora
Lepas Landas Menuju Hidup Digital

MI/PERMANA

TEKNOLOGI digital telah tersebar luas, tapi masih banyak orang yang belum dapat memanfaatkan teknologi itu secara produktif. Penyalahgunaan teknologi digital dapat berdampak buruk pada kehidupan pribadi dan sosial. Oleh karena itu, literasi digital perlu dikembangkan untuk membangun karakter bangsa.

Dimensi literasi digital meliputi alat dan sistem, informasi dan data, juga berbagi dan kreasi. Banyak pengguna telah memanfaatkan media digital secara produktif untuk mendapatkan, menyebarluaskan, dan memasok informasi yang benar dan bermanfaat bagi kehidupan bersama.

Seperti halnya dilakukan Poetri Andayani yang memulai bisnis unik bernama Tante Sayur karena melihat suaminya yang gemar sekali makan makanan sehat dan mereka terkendala biaya untuk mengonsumsi makanan organik yang bisa dibilang tidak murah.

Poetri kemudian mulai banyak berkenalan dengan para petani organik. Yang unik, para petani sayur organik itu bukanlah petani konvensional yang biasa kita kenal. Namun, mereka para petani urban yang memilih bercocok tanam sayuran organik untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Media sosial
Karena melihat banyaknya minat pada sayuran organik, tapi sedikit saluran yang memasok kebutuhan konsumen, Poetri membuka akun Instagram @tantesayur yang menjual produk sayur organik. Ternyata respons masyarakat sangat positif. Pernah ia mendapat stok 100 kilogram alpukat dan ia tawarkan di Instagram seharga Rp35 ribu per kilo. Hanya dalam waktu 3 hari, semuanya habis dipesan.

Dengan memanfaatkan pola pemasaran secara digital seperti media sosial Instagram, saat ini Tante Sayur sudah memiliki ratusan pelanggan yang memesan secara rutin, dengan pelanggan yang tersebar di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Dalam sepekan, Tante Sayur bisa menjual 250 kilogram sayur dengan omzet Rp15 juta hingga Rp20 juta. Sebagai gambaran, harga jual produk mulai Rp7.500 untuk satu buah jagung hingga Rp225 ribu untuk setengah kilogram wagyu atau lobster.

Dalam Big Circle Episode 57 ini, pembawa acara Andy F Noya dan Amanda Zevannya bakal didampingi mentor Danton Sihombing (brand expert) yang banyak memberikan wawasan kepada narasumber, seperti Poetri Andayani (Valuer Tantesayur) & Aksar (CEO of Tantesayur), Aakar Abyasa (CEO of Jouska), dan Noorhayati Ike Hamdan (Head of Marketing Rumah.com).

(H-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More