2001: AS Kehilangan Kursi di PBB

Penulis: History | AFP Pada: Selasa, 08 Mei 2018, 08:00 WIB Humaniora
2001: AS Kehilangan Kursi di PBB

UN.ORG

SEJUMLAH negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kembali mempermalukan Amerika Serikat. Mereka tidak meloloskan pencalonan kandidat negara adidaya itu yang ketiga kalinya untuk sebuah kursi di Badan Kontrol Narkotika Internasional.

Sebelumnya, 'Negeri Paman Sam' yang dikenal sebagai kampiun hak asasi manusia itu juga gagal menduduki salah satu kursi di Komisi HAM PBB.

Kekalahan kandidat AS, mantan Dubes Herbert Okun, 70, yang sebelumnya menduduki posisi itu selama 10 tahun berturut-turut (dua periode), ini cukup mengejutkan. Apalagi, diplomat senior itu kalah dalam putaran pertama pemungutan suara di badan yang berbasis di Wina yang merupakan bagian dari Dewan Ekonomi dan Sosial (Ecosoc) tersebut.

Berita Terkini

Read More

Poling

BEBERAPA waktu lalu, nama Bung Hatta kembali ramai dibicarakan publik. Berawal dari pernyataan Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar, di sebuah video yang mengatakan kalau cawapresnya, Sandiaga Uno adalah sosok baru dari Bung Hatta. Hal itu langsung menuai keberatan dari cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Sebelumnya, kubu Prabowo-Sandiaga juga sempat menyandingkan nama pahlawan seperti Cut Nyak Dien dan Kartini dengan Ratna Sarumpaet dan Neno Warisman. Setujukah Anda apabila pahlawan dijadikan komoditas politik guna meraih simpati masyarakat?





Berita Populer

Read More