1984: Uni Soviet Memboikot Olimpiade AS

Penulis: History | AFP Pada: Selasa, 08 Mei 2018, 07:50 WIB Humaniora
1984:  Uni Soviet Memboikot Olimpiade AS

OLYMPICS.COM

UNI SOVIET mengumumkan pemboikotan Olimpiade Amerika Serikat sekitar tiga bulan sebelum dimulainya pembukaan ajang olahraga berprestise tersebut. Pemboikotan yang diumumkan lewat televisi lokal setempat didukung beberapa negara yang tergabung dalam aliansi Blok Timur.

 Alasan pemboikotan diberitakan karena adanya komersialisasi pertandingan dan buruknya takaran keamanan yang mengindikasikan pelanggaran dalam Piagam Olimpiade. Alasan lainnya, Uni Soviet menuduh Olimpiade Amerika Serikat sebagai wadah penyebaran kepentingan politiknya untuk memperbesar propaganda 'Anti-Soviet'.

Empat tahun sebelumnya (1980), hal yang sama juga pernah dilakukan Amerika dan 60 negara lain sebagai protes tindakan invasi Uni Soviet ke Afghanistan.

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More