1984: Uni Soviet Memboikot Olimpiade AS

Penulis: History | AFP Pada: Selasa, 08 Mei 2018, 07:50 WIB On This Day
1984:  Uni Soviet Memboikot Olimpiade AS

OLYMPICS.COM

UNI SOVIET mengumumkan pemboikotan Olimpiade Amerika Serikat sekitar tiga bulan sebelum dimulainya pembukaan ajang olahraga berprestise tersebut. Pemboikotan yang diumumkan lewat televisi lokal setempat didukung beberapa negara yang tergabung dalam aliansi Blok Timur.

 Alasan pemboikotan diberitakan karena adanya komersialisasi pertandingan dan buruknya takaran keamanan yang mengindikasikan pelanggaran dalam Piagam Olimpiade. Alasan lainnya, Uni Soviet menuduh Olimpiade Amerika Serikat sebagai wadah penyebaran kepentingan politiknya untuk memperbesar propaganda 'Anti-Soviet'.

Empat tahun sebelumnya (1980), hal yang sama juga pernah dilakukan Amerika dan 60 negara lain sebagai protes tindakan invasi Uni Soviet ke Afghanistan.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More