1950: Air Bah di Nebraska

Penulis: History | AFP Pada: Selasa, 08 Mei 2018, 07:40 WIB Humaniora
1950:  Air Bah di Nebraska

JOURNALSTAR

PADA 8 Mei 1950, sebuah bencana air bah akibat hujan terjadi di Nebraska. Bencana tersebut menewaskan 23 orang. Kebanyakan korban tenggelam karena terjebak di kendaraan mereka.

Air bah yang mematikan tersebut merupakan bagian dari serangkaian banjir yang menghantam daerah di dekat Lincoln, Nebraska. Daerah tersebut merupakan lokasi tempat Sungai Big Blue bergabung dengan Sungai Kansas. Banjir menyambangi daerah itu antara Mei dan Juli tahun tersebut karena hujan deras. Total hujan di Nebraska tidak terlalu besar. Namun, hujan dengan jangka waktu pendek tetapi intens seperti yang terjadi di selatan Nebraska lebih mematikan.

Di wilayah selatan Nebraska, ladang jagung mendominasi lanskap. Wilayah tersebut biasanya tandus dan gersang. Tanah kering dan keras tidak dapat menyerap air dengan cepat. Sebuah badai besar yang terjadi secara tiba-tiba menimbulkan air bah. Sebagian besar kematian akibat bencana banjir berasal dari air bah. Kematian tersebut kebanyakan terjadi pada orang-orang yang terjebak dalam kendaraan mereka dan tenggelam.

Berita Terkini

Read More

Poling

BEBERAPA waktu lalu, nama Bung Hatta kembali ramai dibicarakan publik. Berawal dari pernyataan Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar, di sebuah video yang mengatakan kalau cawapresnya, Sandiaga Uno adalah sosok baru dari Bung Hatta. Hal itu langsung menuai keberatan dari cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Sebelumnya, kubu Prabowo-Sandiaga juga sempat menyandingkan nama pahlawan seperti Cut Nyak Dien dan Kartini dengan Ratna Sarumpaet dan Neno Warisman. Setujukah Anda apabila pahlawan dijadikan komoditas politik guna meraih simpati masyarakat?





Berita Populer

Read More