1945: Perayaan Akhir Perang di Eropa

Penulis: History | AFP Pada: Selasa, 08 Mei 2018, 07:30 WIB Humaniora
1945:  Perayaan Akhir Perang di Eropa

wikipedia

PERDANA Menteri Winston Churchill secara resmi mengumumkan akhir perang dengan Jerman pada 8 Mei 1945. Dalam sebuah penyiaran yang disampaikan dari ruang kabinet nomor 10, ia mengatakan gencatan senjata telah ditandatangani sehari sebelumnya di Rheims.

Sementara itu, kerumunan orang yang berpakaian merah, putih, dan biru berkumpul di luar Istana Buckingham di London. Mereka bersorak atas kehadiran raja, ratu, dan kedua putri di balkon istana. Sepuluh ribu orang mendengarkan pidato raja yang ditujukan kepada mereka yang berkumpul di Trafalgar Square dan Parliament Square.

Di dalam pidatonya, raja memberikan penghormatan untuk orang-orang yang menyerahkan hidup mereka demi kemenangan, juga kepada mereka yang berjuang dengan penuh keberanian di darat, laut, dan udara. Undang-undang penyerahan tidak bersyarat diratifikasi di Berlin juga pada 8 Mei.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

BEBERAPA waktu lalu, nama Bung Hatta kembali ramai dibicarakan publik. Berawal dari pernyataan Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar, di sebuah video yang mengatakan kalau cawapresnya, Sandiaga Uno adalah sosok baru dari Bung Hatta. Hal itu langsung menuai keberatan dari cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Sebelumnya, kubu Prabowo-Sandiaga juga sempat menyandingkan nama pahlawan seperti Cut Nyak Dien dan Kartini dengan Ratna Sarumpaet dan Neno Warisman. Setujukah Anda apabila pahlawan dijadikan komoditas politik guna meraih simpati masyarakat?





Berita Populer

Read More