1992: Peluncuran Endeavour

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Senin, 07 Mei 2018, 02:45 WIB Humaniora
1992: Peluncuran Endeavour

wikipedia

PESAWAT ulang-alik bernama resmi Space Transportation System (STS) atau lebih populer dengan NASA’s Space Shuttle atau Space Shuttle ialah pesawat angkasa luar berpenumpang yang hanya dimiliki NASA.

Modul pesawat itu terbang secara vertikal dan berpenumpang 3 sampai 11 astronaut dalam keadaan darurat. Muatan pesawat seberat 50 ribu lb, atau 22.700 kg, menuju orbit rendah bumi (termosfer).

Pesawat ulang-alik itu dirancang untuk dapat bekerja sekitar 10 tahun atau setara dengan sekitar 100 peluncuran. Pesawat jenis itu awalnya dibuat 5 buah, tetapi sekarang tinggal 3. Pesawat ulangalik yang dibuat ialah Enterprise, Columbia, Challenger, Discovery, dan Atlantis.

Pada 1986, Challenger telah hancur ketika proses peluncuran dan akhirnya Endeavour dibuat sebagai penggantinya. Pada 2003, Columbia hancur ketika proses memasuki atmosfer bumi. NASA telah mengumumkan untuk menghentikan pembuatan armada pesawat angkasa luar pada 2010 dan akan menggantinya dengan Orion, pesawat baru yang dirancang dapat mengangkut manusia menuju bulan dan bahkan objek angkasa yang lebih jauh lagi.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

BEBERAPA waktu lalu, nama Bung Hatta kembali ramai dibicarakan publik. Berawal dari pernyataan Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar, di sebuah video yang mengatakan kalau cawapresnya, Sandiaga Uno adalah sosok baru dari Bung Hatta. Hal itu langsung menuai keberatan dari cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Sebelumnya, kubu Prabowo-Sandiaga juga sempat menyandingkan nama pahlawan seperti Cut Nyak Dien dan Kartini dengan Ratna Sarumpaet dan Neno Warisman. Setujukah Anda apabila pahlawan dijadikan komoditas politik guna meraih simpati masyarakat?





Berita Populer

Read More