1960: Brezhnev Menjadi Presiden USSR

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Senin, 07 Mei 2018, 02:30 WIB Humaniora
1960:  Brezhnev Menjadi Presiden USSR

wikipedia

LEONID Brezhnev, pelindung tepercaya Nikita Khrushchev, sang pemimpin Soviet, terpilih sebagai Ketua Presidium Tertinggi Soviet. Jabatan itu setara dengan jabatan presiden Soviet.

Brezhnev telah menjadi rekan tepercaya Khrushcnev sejak 1940-an. Setelah kematian Stalin pada 1953, Khrushchev segera memperkuat kekuasaannya. Ia mendapatkan jabatan sebagai sekretaris pertama Partai Komunis Uni Soviet. Itu posisi kekuatan utama di Uni Soviet.

Sekretaris pertama dapat mengontrol Partai Komunis Uni Soviet. Sementara itu, posisi presiden, atau secara formal dikenal sebagai Ketua Presidium Tertinggi Soviet, ialah simbol yang lebih besar. Pada 7 Mei 1960, Khrushchev menunjuk Brezhnev untuk posisi presiden. Berada dalam posisi itu membuat Brezhnev dapat mengontak sejumlah pendatang dan pejabat asing serta melakukan perjalanan ke penjuru dunia sebagai wakil pemerintahan Soviet.

Pada 1964, Khrushchev diturunkan dari kekuasaan. Brezhnev menggantikannya sebagai sekretaris pertama yang baru. Brezhnev memegang jabatan itu selama 18 tahun sampai kematiannya pada 1982.

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More