1960: Brezhnev Menjadi Presiden USSR

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Senin, 07 Mei 2018, 02:30 WIB On This Day
1960:  Brezhnev Menjadi Presiden USSR

wikipedia

LEONID Brezhnev, pelindung tepercaya Nikita Khrushchev, sang pemimpin Soviet, terpilih sebagai Ketua Presidium Tertinggi Soviet. Jabatan itu setara dengan jabatan presiden Soviet.

Brezhnev telah menjadi rekan tepercaya Khrushcnev sejak 1940-an. Setelah kematian Stalin pada 1953, Khrushchev segera memperkuat kekuasaannya. Ia mendapatkan jabatan sebagai sekretaris pertama Partai Komunis Uni Soviet. Itu posisi kekuatan utama di Uni Soviet.

Sekretaris pertama dapat mengontrol Partai Komunis Uni Soviet. Sementara itu, posisi presiden, atau secara formal dikenal sebagai Ketua Presidium Tertinggi Soviet, ialah simbol yang lebih besar. Pada 7 Mei 1960, Khrushchev menunjuk Brezhnev untuk posisi presiden. Berada dalam posisi itu membuat Brezhnev dapat mengontak sejumlah pendatang dan pejabat asing serta melakukan perjalanan ke penjuru dunia sebagai wakil pemerintahan Soviet.

Pada 1964, Khrushchev diturunkan dari kekuasaan. Brezhnev menggantikannya sebagai sekretaris pertama yang baru. Brezhnev memegang jabatan itu selama 18 tahun sampai kematiannya pada 1982.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More