Hobi Jadi Rezeki

Penulis: (Zuq/M-2) Pada: Minggu, 06 Mei 2018, 05:00 WIB Weekend
Hobi Jadi Rezeki

DOK.INSTAGRAM/JAY.JOGJAKARTA

BERAWAL dari hobi, fotografi figur miniatur (figur mini) sangat potensial menjadi sumber penghasilan.

"Kalau miniatur ini kita fokuskan ke ekonomi berarti pekerjaan. Itu sangat bisa dan kemungkinannya besar sekali," terang pendiri Indonesia Miniature Figure Community 87 (IMFC87), Ahmad Joko Sukirno, 38, yang lebih akrab disapa Cak Soekir.

Figur mini saat ini tengah menanjak kepopulerannya sehingga sangat memungkinkan untuk dijadikan sarana promosi. Apalagi, objek rekreasi dan seni tersebut tergolong baru keberadaanya di Indonesia. Dengan begitu, pelaku pemain ataupun fotografer figur mini belum begitu banyak. Terlebih, fotografi dengan daya imajinasi dan kreasi yang tinggi.

Berkaca diluar negeri, beberapa profesi terkait dengan figur mini telah dijalani secara profesional oleh Tanaka Tatsuya dan Slinkachu, sedangkan didalam negeri, terdapat beberapa orang yang telah menekuni hobi sekaligus bisnis itu, seperti Jayandi Wiyono, 42, salah punggawa IMFC87. Jayandi juga pendiri Jogjakarta HO Scale community (JHOS_Community). Komunitas yang beraliasi dengan IMFC87 itu kini berusia setahun.

"Kadang ada beberapa orang yang minta dibikinin jasa foto. Artinya, lebih ke produk ya. Walaupun kita enggak ingin mencari uang, tapi saat kita diminta atau dipercaya orang untuk membuat foto produknya. Itu kan unik menurut mereka kalau dibandingkan sekarang," terang Jayandi yang akrab dipanggi Jay. Karya-karyanya bisa dilihat di akun Instagram @jay.jogjakarta.

Lewat publikasi di media sosial itu pula Jay mendapat banyak tawaran penggunaan jasa. Meski kebutuhan pasar cukup ramai, Jay tidak lantas mematok harga tinggi.

"Saya kasih harga-harga profesional yang layak. Kayak paket lima foto misalnya saya kasih harga Rp1 juta," ujar Jay. Harga tersebut menurut beberapa pihak masih tergolong murah untuk jasa foto produk.

Namun, Jay tidak terlalu ambil pusing dengan anggapan itu sebab baginya, fotografi figur mini ialah sebuah fun.

"Sebenarnya sih kepuasan saya bukan pada uangnya. Pada saat saya bisa membuat foto itu sesuai dengan ekspektasi orang," pungkas Jay.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More