Titip Jual di Titipin.id

Penulis: (M-1)/ Fathurrozak Pada: Minggu, 06 Mei 2018, 02:05 WIB Weekend
Titip Jual di Titipin.id

DOK PRIBADI

KHARISMA Ramadhan terpapar kisah yang kurang memuaskan dengan penjualan daring. Temannya yang ingin menjual laptop bekas di market place tak kunjung bisa menjual dagangannya lantaran akunnya belum terverifikasi dan belum tergolong premium. Belum lagi, foto yang kurang menarik sehingga produk yang dijual tidak muncul dalam sistem pencarian.

Untuk itu, pada 2017 Kharisma bersama timnya merintis Titipin.id, solusi bagi para pelaku bisnis digital skala mikro termasuk UKM untuk bisa mengoptimalkan pengiklanan produk yang akan mereka jual secara daring termasuk lewat market place digital.

Saat ini Titipin.id masih dalam tahap pengembangan. Namun, mereka sudah mendapat pengakuan dari kalangan profesional, di antaranya saat Kharisma mengikutkan Titipin.id dalam kompetisi Priceza Young Entrepreneur Competition 2018.

Priceza adalah mesin pencari belanja dan platform pembanding harga di Indonesia. Mendapat juara I dalam kompetisi tersebut, Titipin.id berhak menggondol hadiah Rp25 juta untuk melanjutkan pengembangan usaha Titipin.id. Yuk, simak petikan wawancara Muda dengan Kharisma.

Titipin.id kan tidak ubahnya platform jual beli, lalu apa yang membedakan dengan market place atau online shop yang sudah besar?
Betul, Titipin.id merupakan salah satu platform jual beli online. Yang membedakan Titipin.id dengan platform jual beli online lainnya adalah kami lebih memfokuskan ke dua jasa, yaitu konsinyasi (titip jual) dan jasa titip (titip beli). Penerapan kedua fitur ini kami nilai tepat karena basis keduanya adalah titip sehingga terciptalah Titipin.id.

Apa sih, yang ingin kamu fokuskan dalam titipin.id?
Dalam Titipin.id, yang ingin saya fokuskan dan memang menjadi tujuan dari Titipin.id adalah agar bagaimana barang milik penjual menjadi cepat laku dan agar bagaimana pembeli dapat mendapatkan barang impiannya dalam waktu cepat, dari mana pun dan kapan pun. Selain itu, Titipin.id menjamin kemudahan akses dan juga kejelasan produk.

Penawaran dan fitur apa saja nantinya yang akan menjadi keunggulan Titipin.id?
Terdapat dua fitur unggulan dari Titipin.id, yaitu titip jual dan titip beli. Titip jual adalah salah satu fitur untuk mempermudah penjual dalam menjual barang baru atau bekas miliknya. Teknik yang kami gunakan dalam titip jual adalah mass advertising pada seluruh market place yang ada dan juga pemasaran barang kepada rekanan pemborong.

Titip beli adalah salah satu fitur yang hampir serupa dengan jasa titip konvensional. Namun, yang membedakan adalah kami sudah menyediakan perwakilan tim yang terikat di seluruh daerah dan beberapa negara besar, sehingga tidak perlu menunggu pelancong untuk menuju daerah tersebut karena barang akan dibeli langsung dan dikirim jika ada pesanan.

Dengan menggunakan rekan yang terikat, risiko penipuan akan minim. Selain itu, titip beli melayani impor barang skala kecil baik dari Ebay, Amazon.

Kedua fitur tersebut kami jamin kualitas barang dan pemaketannya. Kondisi barang akan sama ketika produk dikirim hingga diterima pembeli. Penggabungan dari kedua fitur tersebut dapat dibuat semacam garage sale, para penitip titip jual akan menitipkan barang pada Titipin.id dan kemudian akan dipajang, dijual, dan dipromosikan secara langsung ke penjual dalam waktu tertentu dan pada event tertentu.

Siapa saja sih, nanti yang akan jadi partner kerja sama dengan Titipin.id?
Partner kerja sama yang sudah kami jalin adalah rekan pemborong dari beberapa kategori barang, seperti gawai, IT, dan hobi. Terdapat kemungkinan nantinya kami akan menjalin relasi dengan market place lain untuk media pemasaran produk kami.

Awalnya kamu membuat Titipin.id karena resah saat menjual barang lewat online tak kunjung terjual, solusi apa yang kamu tawarkan di Titipin.id?
Solusi yang saya tawarkan adalah titip jual. Beberapa faktor yang membuat barang lama untuk terjual antara lain faktor dokumentasi produk yang kurang baik, penjelasan kondisi produk yang kurang jelas, media market place yang digunakan hanya sedikit, dan akun yang digunakan masih belum premium sehingga iklan akan terkubur.

Titipin.id hadir untuk menjadi solusi tersebut. Tim Titipin.id akan datang langsung ke tempat penjual untuk mendokumentasikan produk dengan standar kualitas foto (atau video review jika memungkinkan) yang baik. Selain itu, barang akan diiklankan tim Titipin.id ke seluruh market place yang ada di Indonesia atau dunia dengan akun yang sudah memiliki reputasi dan verified.

Untuk selalu mengoptimalkan iklan, kami akan melakukan push barang setiap hari. Untuk mempercepat kemungkinan barang terjual, kami juga akan menawarkan barang ke pemborong rekanan kami. Jika barang terjual, tim Titipin.id yang akan melakukan packing sesuai dengan QC yang ada untuk menjamin kualitas barang.

Seluruh proses yang kami lakukan bersifat gratis bagi penjual sehingga tidak ada pemotongan harga jual bagi penjual. Biarkan Titipin.id yang bekerja dan Anda yang menikmati hasilnya.

Kapan situs ini akan dirilis?
Titipin.id saat ini masih dalam tahap pengembangan. Target rilis kami Lebaran nanti. Titipin.id terdiri atas 7 orang pada tim eksekutif dan 5 orang timnon eksekutif yang sudah terikat.

Ke depannya kami akan merekrut anggota tim kami dari beberapa daerah di Indonesia dan negara lain untuk meluaskan jaringan kami.

Butuh berapa lama sih untuk menggodok Titipin.id, dan bagaimana dengan pendanaannya?
Ide awal Titipin.id tercipta awal 2017 lalu. Kemudian saya melakukan validasi pasar untuk menemukan apakah solusi ini cocok untuk diterapkan di masyarakat. Kemudian di awal tahun 2018 Titipin.id berdiri. Pendanaan untuk awal ini masih dilakukan secara individu oleh anggota tim, dan juga dari modal awal yang didapatkan dari hadiah memenangi Priceza YEC 2018.

Seberapa yakin kamu bersama Titipin.id akan bekerja?
Saya sangat yakin Titipin.id akan digunakan masyarakat karena sifat masyarakat Indonesia saat ini suka belanja dan juga belum ada platform untuk membantu menjual/membeli produk yang dekat dengan masyarakat. Jika ada kendala atau tidak optimal, tentunya kami akan mengambil saran dari pengguna jasa kami yang nantinya akan dievaluasi tim dan jika akhirnya dapat menemukan inovasi baru, akan diterapkan.

Harapan dan mimpi bareng Titipin.id?
Harapan dan mimpi saya adalah Titipin.id dapat diminati masyarakat. Juga saya harap saya dapat membantu UKM-UKM Indonesia agar produk mereka dapat terjual di Indonesia atau pun di dunia dengan cara diiklankan melalui Titipin.id.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More