Dinosaurus Gembul yang Empuk

Penulis: (Wnd/M-3) Pada: Minggu, 06 Mei 2018, 00:25 WIB Weekend
Dinosaurus Gembul yang Empuk

MI/ADAM DWI

TEKSTUR renyah dan empuk, tapi dalam komposisi yang padat menjadi satu keunggulan penganan donat milik Dino Donut. Rasa dan tekstur tidak berubah meskipun donat sudah disimpan. Penganan yang identik dengan bentuk bulat dan memiliki lubang di bagian tengah diubah Gufron Syarif, 35. Ia menawarkan hewan purba, seperti dinosaurus, Tyrannosaurus-rex, serta brontosaurus dalam versi mini. Bagian atas dilapis dengan cokelat beragam rasa.

Matcha, oreo, taburan almond, hingga bubble gum menjadi beberapa rasa yang ditawarkan Dino Donut. Gufron yang memulai usaha dengan mendaftar kursus membuat penganan tersebut mendapat ide dari anaknya yang senang dengan kartun dinosaurus. Ia pun tak segan meminta saran dari sang anak ataupun keponakannya tentang rasa dan juga inovasi bentuk.

"Untuk topping itu bahan dasarnya cokelat, hanya ditambahkan rasa yang beda-beda. Kami juga melakukan pencampuran komposisi, antara bahan impor dan lokal sehingga dapat tekstur yang gembul, renyah, sekaligus empuk," kata Gufron saat ditemui di Jakarta, Selasa (9/4).

Rasa manis pada topping-nya pun tidak berlebihan sehingga tak membuat Anda cepat haus dan tenggorok gatal. Kini Dino Donut memiliki 13 varian rasa, dengan oreo yang masih menjadi idola para pembeli. Terlalu menggemaskan memang untuk dihabiskan. Namun, bukan hanya donat yang berbentuk dinosaurus, Gufron juga menyajikannya dalam interior kafe. Tahun ini, Gufron akan membuka kembali satu toko di Depok dengan ambience kental dengan hewan purba tersebut, termasuk dengan taman bermain.

Inovasi rasa dan bentuk
Usaha yang dimulai sejak September 2015 itu awalnya menyasar anak kecil. Karena itu, dibuat gerobak di bagian garasi kantor Gufron yang persis berseberangan dengan sekolah dasar. Akan tetapi, banderol harga Rp5.000 untuk satu donat dirasa tak masuk kantong anak sekolah. Ia bersama tim mengubah cara pemasaran dengan menggunakan media sosial dengan sasaran ibu muda juga anak muda. Mereka, dinilai Gufron, sangat menyukai sesuatu yang unik untuk sebuah perayaan.

"Sekarang sih Rp7.500. Ada minimum pemesanan sebanyak enam buah (1/2 lusin). Supaya tidak tergerus, kami terus berinovasi, contohnya dengan menambah topping dan juga bentuk seperti donat huruf dan donat print. Untuk topping sedang diriset pemberian yang asin-asin," tukas Gufron.

Saat ini Dino Donut memiliki enam cabang, dua di Bandung, Bogor, Tangerang, Bekasi, serta Jakarta. Kuantitas produksi paling besar berada di Jakarta, 100 kilogram per hari, karena menyuplai cabang-cabang lain. Sejumlah 30% di antaranya pun merupakan pesanan. Jika terjadi kendala dalam proses produksi, Gufron dan tim akan lebih mengutamakan pesanan tercukupi. "Kalau untuk penjualan di outlet tidak ada patokan kuantitas, yang terpenting pesanan itu terpenuhi," pungkasnya.

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More