Bertandang ke Rumah Daun Bawang

Penulis: Thalatie K Yani Pada: Minggu, 06 Mei 2018, 00:00 WIB Weekend
Bertandang ke Rumah Daun Bawang

MI/THALATI

BELAKANGAN dunia kuliner Indonesia diwarnai dengan makanan pedas atau disiram saus telur asin. Tren itu juga ditangkap Negiya Dining. Negiya dalam bahasa Jepang berarti Rumah Daun Bawang itu menghadirkan sejumlah kreasi terbaru mereka di cabang ke-6.

Restoran yang terletak di Mall 3 Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta, itu pertengahan bulan lalu menghadirkan sejumlah hidangan baru mereka yang terinspirasi dari tren tersebut. Saus telur asin menjadi kreasi hidangan pembuka untuk Media Indonesia.

Sesuai namanya, salted egg chicken skin berupa kulit ayam yang dibalut tepung, digoreng renyah, dan disiram dengan saus telur asin. Meski hidangan yang dibanderol Rp33 ribu itu disiram saus yang pekat, kulit ayamnya tetap renyah.

Bila kurang menyukai kulit ayam sebagai pembuka, coba gyu enoki roll (Rp36 ribu). Jamur enoki yang dibalut dengan daging sapi dan disiram saus tiram. Rasanya dagingnya manis dengan jamur yang lembut di dalam, berpadu pas. Ringan sebagai pembuka santap malam.

Sebelum menikmati sejumlah hidangan utama, cicipi sejumlah sushi roll. Ada dua pilihan sushi jenis norimaki yang bisa disantap, crispy kawa roll, dan unagi crunchy roll.

Crispy kawa roll yang dihargai Rp48 ribu itu berisikan potongan kani (kepiting), tamago (telur), kyuri (timun jepang), alpukat yang dibalut dengan rumput laut, dan nasi. Bagian atasnya disiram dengan saus khusus yang terasa pedas dan creamy dan kulit ayam yang renyah.

Unagi crunchy roll yang dibanderol Rp53 ribu itu di dalamnya berisikan crunchy tempura, timun, dan luarnya unagi atau belut yang dipanggang, crunchy tempura, dan saus unagi.

Setelah semua hidangan pembuka, saatnya mencoba hidangan kari mereka. Ada dua pilihan, ebi katsu curry, dan chicken katsu curry. Keduanya menghadirkan kari sayuran, tapi dengan dua pilihan protein, udang, atau ayam.

Saus
Restoran yang dibuka perdana pada 2015 itu memiliki keunggulan disaus mereka. "Kekuatan kita di saus siraman yang lebih tasty. Sausnya kita datangkan khusus dari Melbourne, Australia," ujar Wira Gunawan, kitchen manager. Saus itu ditonjolkan pada sendai gyutan, chicken avo tartar, dan fire chicken, termasuk menya gyutan yang menjadi signature dish Negiya.

Saus menya yang digunakan pada gyutan ini didatangkan langsung dari Melbourne, Australia. Hidangan jenis donburi yang dibanderol Rp85 ribu-Rp103 ribu ini menggunakan lidah sapi yang dimarinasi dengan saus menya selama tiga hari sebelum dimasak.

Terbukti saus menya dalam potongan lidah yang tipis itu sangat terasa, ditambah dengan potongan daun bawang dan cabai, yang memberikan sensasi pedas.

Sensasi pedas juga ditawarkan fire chicken (Rp46 ribu-Rp68 ribu). Potongan daging ayam yang digoreng dengan tepung dibalur dengan saus pedas ditaburi dengan wijen.

Saus lain yang bisa dicoba ada saus tartar pada chicken avo tartaar (Rp46 ribu-Rp68 ribu). Paha ayam goreng yang dibalur saus tartar dan didampingi tumis bombay. Sementara itu, saus tare dipadukan dengan daging lidah sapi dalam sendai gyutan (Rp105 ribu-Rp127 ribu).

Penutup
Seusai menyantap semua hidangan itu, saatnya menikmati hidangan penutup. Ada dua hidangan yang bisa dinikmati, matcha anmitsu dan kyoto panna cotta. Makanan penutup yang keduanya dibanderol Rp30 ribu itu memiliki ciri khas masing-masing.

Untuk matcha anmitsu, es krim matcha atau teh hijau dipadukan dengan pasta kacang merah, shiratama, dan yakimochi. Rasanya segar dan berpadu lembut dengan kacang merah. Shiratama dan yakimochi memberikan kekenyalan tersendiri.

Sementara itu, kyoto panna cotta menghadirkan hidangan panna cota yang creamy dan lembut. Di atasnya disiram saus stroberi. Sayangnya saus stroberi di atasnya cukup manis sehingga menggangu rasa susu vanila panna cota.

Sementara itu, untuk hidangan ada tiga minuman berbasis yakult yang menjadi ciri khas restoran ini, takni lemon yakult, yuzu yakult, dan peach yakult. Untuk lemon yakult dan yuzu yakult, selain menggunakan yakult dan jus lemon segar, keduanya diberi sirop sesuai jenis minuman. Lemon yakult ditambahkan sirop lemon dan yuzu yakult diperkuat sirop jeruk yuzu. Terakhir ialah peach yakult, kombinasi yakult, peach syrup, dan fresh peach.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More