1980: Josip Broz Tito Meninggal

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Jumat, 04 Mei 2018, 11:35 WIB Humaniora
1980: Josip Broz Tito Meninggal

Wikipedia

PRESIDEN Yugoslavia Josip Broz Tito meninggal di Ljubljana pada 4 Mei 1980. Ia wafat di usia 87 tahun. Pria kelahiran Kumrovec,7 Mei 1892, yang saat itu menjadi bagian dari Kekaisaran Austro-Hongaria ini menjadi Presiden Yugoslavia sejak 1953.

Josip Broz Tito beberapa kali mengambil bagian dalam praktik komunisme, misalnya, terlihat dalam revolusi Rusia. Ia juga aktif di Partai Komunis Yugoslavia (CPY). Setelah dipenjara selama lima tahun atas penerapan komunisme yang tidak terlalu diterima pemerintah, Tito mulai bergabung dengan Partai Komunis Internasional (Comintern) di Uni Soviet.

Saat itulah Josip Broz Tito mengenal Joseph Stalin meskipun akhirnya Stalin menjadi musuhnya karena ketidaksepahaman di antara mereka. Setelah menjadi presiden, Tito menerapkan ideologinya yang terkenal tentang komunisme, Titoism. Masa kepresidenannya berlangsung hingga kematiannya pada 4 Mei 1980.

Bersama dengan presiden negara lain, termasuk Presi­den Soekarno dari Indonesia, Tito menjadi salah satu penggagas Gerakan Nonblok sebagai reaksi atas Perang Dingin antara blok Timur dan Barat.

Berita Terkini

Read More

Poling

BEBERAPA waktu lalu, nama Bung Hatta kembali ramai dibicarakan publik. Berawal dari pernyataan Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar, di sebuah video yang mengatakan kalau cawapresnya, Sandiaga Uno adalah sosok baru dari Bung Hatta. Hal itu langsung menuai keberatan dari cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Sebelumnya, kubu Prabowo-Sandiaga juga sempat menyandingkan nama pahlawan seperti Cut Nyak Dien dan Kartini dengan Ratna Sarumpaet dan Neno Warisman. Setujukah Anda apabila pahlawan dijadikan komoditas politik guna meraih simpati masyarakat?





Berita Populer

Read More