1980: Josip Broz Tito Meninggal

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Jumat, 04 Mei 2018, 11:35 WIB On This Day
1980: Josip Broz Tito Meninggal

Wikipedia

PRESIDEN Yugoslavia Josip Broz Tito meninggal di Ljubljana pada 4 Mei 1980. Ia wafat di usia 87 tahun. Pria kelahiran Kumrovec,7 Mei 1892, yang saat itu menjadi bagian dari Kekaisaran Austro-Hongaria ini menjadi Presiden Yugoslavia sejak 1953.

Josip Broz Tito beberapa kali mengambil bagian dalam praktik komunisme, misalnya, terlihat dalam revolusi Rusia. Ia juga aktif di Partai Komunis Yugoslavia (CPY). Setelah dipenjara selama lima tahun atas penerapan komunisme yang tidak terlalu diterima pemerintah, Tito mulai bergabung dengan Partai Komunis Internasional (Comintern) di Uni Soviet.

Saat itulah Josip Broz Tito mengenal Joseph Stalin meskipun akhirnya Stalin menjadi musuhnya karena ketidaksepahaman di antara mereka. Setelah menjadi presiden, Tito menerapkan ideologinya yang terkenal tentang komunisme, Titoism. Masa kepresidenannya berlangsung hingga kematiannya pada 4 Mei 1980.

Bersama dengan presiden negara lain, termasuk Presi­den Soekarno dari Indonesia, Tito menjadi salah satu penggagas Gerakan Nonblok sebagai reaksi atas Perang Dingin antara blok Timur dan Barat.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More