1979: Thatcher Menjadi PM Inggris

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Jumat, 04 Mei 2018, 11:30 WIB On This Day
1979: Thatcher Menjadi PM Inggris

Wikipedia

PEMIMPIN Partai Konservatif Margaret Thatcher terpilih menjadi perdana menteri perempuan pertama Britania Raya pada 4 Mei 1979. Ia dipilih karena kemenangan partainya di pemilihan umum. Sebelumnya, Thatcher merupakan menteri pendidikan dan sains di Partai Konservatif.

Pada 1975 Thatcher diangkat menjadi pemimpin Partai Konservatif menggantikan Edward Heath yang mundur. Popularitas perempuan kelahiran 13 Oktober 1925 itu semakin meningkat atas kinerjanya menentang komunisme di Uni Soviet.

Beberapa media bahkan menjulukinya ‘Perempuan Besi’. Bersamaan dengan itu, pendukung Partai Konservatif pun meningkat. Thatcher menjadi perdana menteri untuk menggantikan James Callaghan dari Partai Buruh. Salah satu tugas utama Thatcher ialah memperbaiki keadaan ekonomi Inggris.

Saat itulah ia pertama kali menerapkan sistem ekonomi ala Margareth Thatcher yang lebih dikenal dengan Thatcherism, yaitu privatisasi semua perusahaan pemerintah, yang dinilai sebagai upaya peningkatan pelayanan publik.

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More