Sauna Kurangi Risiko Stroke

Penulis: AFP/Yan/X-6 Pada: Jumat, 04 Mei 2018, 07:45 WIB Humaniora
Sauna Kurangi Risiko Stroke

Duta

ORANG-ORANG di Finlandia yang melakukan aktivitas mandi uap alias sauna secara teratur memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah daripada mereka yang jarang sauna. Kesimpulan dari sebuah studi itu dimuat dalam jurnal Neurology, Rabu (2/5).

Laporan itu merupakan studi pertama yang menilai hubungan antara sauna dan stroke. Studi didasarkan pada lebih dari 1.600 orang selama rata-rata 15 tahun. Mereka yang menghabiskan waktu di sauna 4-7 hari seminggu menunjukkan risiko stroke 61% lebih rendah daripada mereka yang hanya sauna sekali seminggu. Mereka yang sauna 2-3 kali seminggu berisiko stroke 14% lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang sauna sekali seminggu. (AFP/Yan/X-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

BEBERAPA waktu lalu, nama Bung Hatta kembali ramai dibicarakan publik. Berawal dari pernyataan Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar, di sebuah video yang mengatakan kalau cawapresnya, Sandiaga Uno adalah sosok baru dari Bung Hatta. Hal itu langsung menuai keberatan dari cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Sebelumnya, kubu Prabowo-Sandiaga juga sempat menyandingkan nama pahlawan seperti Cut Nyak Dien dan Kartini dengan Ratna Sarumpaet dan Neno Warisman. Setujukah Anda apabila pahlawan dijadikan komoditas politik guna meraih simpati masyarakat?





Berita Populer

Read More