Percantik Bangunan dengan Material Terbaik

Penulis: Ghani Nurcahyadi Pada: Jumat, 04 Mei 2018, 05:00 WIB Ekonomi
Percantik Bangunan dengan Material Terbaik

MI/Ghani Nurcahyadi

MELENGKAPI kebutuhan rumah bukan hanya perabotan, melengkapi juga penggunaan material bangunan sebagai pendukung keindahan dan kenyamanan. Terlebih saat ini generasi milenial sebagai pasar utama pembeli hunian punya banyak keinginan dalam penggunaan material.

Hal itu diakui Arya, 33, warga Serpong, Tangerang Selatan. "Saya ingin material yang fungsional bisa digunakan di model interior apa saja, tapi kadang ingin menyesuaikan juga jenis material yang digunakan dengan tema interior. Biasanya kan ganti tema interior dalam 5-10 tahun lagi tergantung tren," ujar Arya di pameran bahan bangunan, Indobuildtech Expo 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, kemarin.

Apalagi, pameran yang diadakan Debindo-ITE ke-16 kali itu pada 2-6 Mei mengangkat tema Sustainable urban development. Ini berarti sekitar 500 perusahaan dari dalam dan luar negeri yang turut meramaikan pameran itu membawa tren teknologi terkini yang semakin ramah lingkungan.

Selain konsumen retail yang memburu produk ramah lingkungan,

terdapat pula agen dan distributor yang ingin menjalin kerja sama dengan perusahaan itu. "Indobuildtech mempertemukan para pelaku pasar seperti kontraktor, profesional, konsultan, perencana, dan pelaksana proyek dan berinteraksi secara langsung dengan pabrikan penyedia aneka ragam produk material dan teknologi bangunan untuk membangun kemitraan," ujar Direktur Utama Debindo-ITE Effi Setiabudi.

Salah satu pabrikan yang turut mendukung pameran itu ialah Granitoguna Building Ceramics. Perusahaan ini mengeluarkan merek penutup lantai jenis homogeneous tile (HT) terbaru bernama ArTile yang mulai dipasarkan sejak awal tahun ini.

Dengan desain keramik yang lebih natural, Granito menyasar generasi milenial sebagai pengguna produk itu yang dibanderol Rp253 ribu per meter persegi.

Keunggulannya, menurut Manajer Pengembangan Pemasaran Granitoguna Building Ceramics Yoos Irawan, Artile menggunakan teknologi cetak digital (digital print) dengan tekstur unpolished (tidak mengilap), sehingga varian warna dan motif lebih dinamis. Hal itu sejalan dengan perkembangan tren desain modern seperti scandinavian, minimalis, hingga industrialis.

"Dengan jenis penutup lantai seperti ini, ruangan menjadi semakin natural karena lantainya tidak berkilau. Bahan lantai ini juga mudah dibersihkan. Varian warna, motif, dan tekstur pun lebih dinamis, atraktif, dan sesuai dengan konsep desain yang sedang tren saat ini," tutur Yoos.

Efisien
Di era modern dan minimalis seperti sekarang, masyarakat lebih tertarik pada produk-produk yang lebih efisien. Ini ditangkap peserta pameran lain, yaitu Penguin Indonesia yang memajang Cubic Tank dengan tipe TE 50 berkapasitas 450 liter dan TE 100 dengan kapasitas 1.000 liter.

Tangki itu diklaim sangat efisien karena lebih hemat ruang dari segi penyimpanan. Selain itu, inovasi tersebut sangat fungsional alias multifungsi. Head of Marketing Communication and Customer Care Penguin Indonesia Andi Hermawan memaparkan, pada dasarnya kedua tangki itu berfungsi sebagai tempat menampung air dan kimia yang dirancang khusus untuk mengefisiensikan ruang penyimpanan.

Dengan desain yang kukuh dan compact memungkinkan tangki tersebut dapat disusun tanpa braket dan tahan benturan. Cubic Tank juga telah dilengkapi dengan teknologi yang melindungi tangki dari lumut, tahan lama terhadap radiasi UV, antimikroba, dan membuat suhu air stabil sehingga meningkatkan kualitas air lebih higienis.

"Bukan hanya Cubic Tank yang menjadi andalan di pameran ini, Horizontal Tank juga merupakan tangki multifungsi yang mampu menampung air dan kimia dengan berbagai keunggulan," ucapnya. Horizontal Tank dapat ditempatkan pada ruangan dengan ketinggian terbatas.

Kedua produk itu menghadirkan tujuh varian warna terdiri dari hitam, biru tua, biru muda, hijau, oranye, krem, dan kuning.

(Mut/S-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More