Kebiasaan Sehat dan Harapan Hidup

Penulis: AFP/Yan/X-5 Pada: Kamis, 03 Mei 2018, 07:35 WIB Sela
Kebiasaan Sehat dan Harapan Hidup

Duta

ORANG yang tetap berpegang pada kebiasaan sehat di masa dewasanya dapat menambahkan lebih dari satu dekade ke kehidupan mereka.

Peneliti di Harvard University, Amerika Serikat, menggunakan kuesioner gaya hidup dan catatan medis 123 ribu sukarelawan. Itu untuk memahami berapa lama lagi orang hidup jika mereka mengendalikan berat badan, berolahraga teratur, minum secukupnya, dan tidak merokok.

Ketika menghitung harapan hidup rata-rata, pria dan wanita yang berpegang pada kelima kebiasaan itu melihat harapan hidup mereka pada usia 50 tahun meningkat dari 26 tahun menjadi 38 tahun, dan 29 tahun menjadi 43 tahun, atau 12 tahun tambahan untuk pria dan 14 tahun bagi wanita.

"Ketika kami memulai studi ini, tentu saja orang yang meng-adopsi kebiasaan ini akan hidup lebih lama. Namun, yang mengejutkan seberapa besar efeknya," kata Meir Stampfer, peneliti dan profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard TH Chan School of Public Health. (AFP/Yan/X-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More