Kebiasaan Sehat dan Harapan Hidup

Penulis: AFP/Yan/X-5 Pada: Kamis, 03 Mei 2018, 07:35 WIB Humaniora
Kebiasaan Sehat dan Harapan Hidup

Duta

ORANG yang tetap berpegang pada kebiasaan sehat di masa dewasanya dapat menambahkan lebih dari satu dekade ke kehidupan mereka.

Peneliti di Harvard University, Amerika Serikat, menggunakan kuesioner gaya hidup dan catatan medis 123 ribu sukarelawan. Itu untuk memahami berapa lama lagi orang hidup jika mereka mengendalikan berat badan, berolahraga teratur, minum secukupnya, dan tidak merokok.

Ketika menghitung harapan hidup rata-rata, pria dan wanita yang berpegang pada kelima kebiasaan itu melihat harapan hidup mereka pada usia 50 tahun meningkat dari 26 tahun menjadi 38 tahun, dan 29 tahun menjadi 43 tahun, atau 12 tahun tambahan untuk pria dan 14 tahun bagi wanita.

"Ketika kami memulai studi ini, tentu saja orang yang meng-adopsi kebiasaan ini akan hidup lebih lama. Namun, yang mengejutkan seberapa besar efeknya," kata Meir Stampfer, peneliti dan profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard TH Chan School of Public Health. (AFP/Yan/X-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More