Yang Baru di Suzuki All New Ertiga

Penulis: (Cdx/S-4) Pada: Kamis, 03 Mei 2018, 01:15 WIB Otomotif
Yang Baru di Suzuki All New Ertiga

ANTARA FOTO/Zarqoni maksum

UNTUK melenyapkan rasa penasaran masyarakat terhadap All New Ertiga, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengundang para jurnalis untuk membedah fitur dan teknologi kendaraan yang debut dunia di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. All New Ertiga menerapkan platform baru, Heartect, yang juga diusung model Baleno dan Ignis.

Platform Heartect pada intinya mengurangi pemakaian pelat baja. Otomatis, hal tersebut juga membuat jumlah sambungan menjadi lebih sedikit. "Hasilnya, struktur bodi yang lebih rigid dan lebih ringan," ujar Head of 4W Brand Development & Marketing Research SIS Harold Donnel.

Harold melanjutkan, secara teori setiap pemangkasan bobot sebesar 100 kg dapat menghemat bahan bakar minyak 5%-6%. Penggunaan platform Heartect membuat bobot Ertiga baru lebih ringan 50 kg dari pendahulunya walaupun dimensinya sedikit lebih besar.

Ujungnya, All New Ertiga lebih irit sampai 3,3% jika dibandingkan dengan jenis sebelumnya. "Kalau dulu bisa 17,51 km/liter, Ertiga baru bisa 18,09 km/liter," urai Harold.

Selain itu, fitur Suzuki Total Effective Control Technology (TECT) melindungi penumpang dengan meredam benturan saat terjadi tabrakan. Side Impact Beam juga menjadi standar perlindungan penumpang dari benturan samping.

Mengimbangi kebaruan tampilannya, All New Ertiga dianugerahi mesin baru berkode K15B yang lebih bertenaga. Daya maksimumnya 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm pada 4.400 rpm.

Dari sisi eksterior, Ertiga baru tampil dengan berbagai ubahan signifikan. Mulai lampu depan proyektor menggantikan lampu multireflektor, lampu kombinasi belakang LED yang lebih modern dan eye catching, hingga bentuk secara keseluruhan di sisi eksterior.

All New Ertiga kini dilengkapi dengan electronic stability program (ESP) yang meningkatkan keselamatan saat melaju di jalan licin dan berbelok serta mencegah oversteer maupun understeer. Hill hold control (pada tipe yang dilengkapi ESP) berfungsi mencegah mobil mundur saat berada di permukaan yang miring.

Tombol mungil pada handle pintu depan meningkatkan kepraktisan keyless entry untuk membuka kunci pintu tanpa perlu memutar anak kunci maupun menekan tombol remote. Cukup dengan mengantongi keyfob, pengguna dapat membuka pintu dengan mudah. Menghidupkan mesin pun tinggal menekan tombol start/setop.

Ada pula front seatbelt 3 point elr with pretensioners & force limiters. Sabuk keselamatan ini akan mengencang otomatis saat terjadi entakan keras dan menyesuaikan kekuatannya saat menahan laju badan.

Interior All New Ertiga dibekali desain dashboard baru yang memberikan kesan lapang dengan aksen guratan ornamen kayu. Head unit touch screen memudahkan pengoperasian entertainment yang tersambung melalui bluetooth. Desain flat bottom steering wheel baru yang dilapisi aksen kulit menghadirkan kesan lebih modern, stylish, sekaligus elegan.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More