Menjajal Platform TNGA

Penulis: Ghani Nurcahyadi Pada: Kamis, 03 Mei 2018, 00:45 WIB Otomotif
Menjajal Platform TNGA

DOK. TOYOTA

SEJAK diluncurkan 10 April lalu, All New C-HR mendapat sambutan hangat masyarakat. Belum genap satu bulan, pencapaian penjualan mobil yang diimpor utuh (CBU) dari Thailand itu sudah mencatat 115 surat pemesanan kendaraan (SPK). Jumlah itu mendekati target penjualan tahun ini yang berada di kisaran 150 unit.

Meski sudah diluncurkan secara resmi, mobil Toyota pertama yang mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA) itu memang belum terlihat mengaspal di Indonesia. Beruntung, Media Indonesia menjadi salah satu media perdana yang menjajal mobil dengan harga di kisaran Rp488 juta tersebut.

Bertempat di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (2/5), PT Toyota Astra Motor menyediakan tiga Toyota C-HR sebagai wahana uji coba mengitari objek wisata di utara DKI Jakarta tersebut.

Meski kendaraan hanya mengitari kawasan Ancol, sejumlah kondisi jalan seperti jalan berlubang, jalanan dengan paving block, dan jalanan berkerikil tersedia sebagai arenanya.

Dengan mengusung TNGA, Toyota C-HR punya lima keunggulan jika dibandingkan dengan model Toyota lain, dari kenyamanan berkemudi, kenyamanan dari interior yang luas, kemudahan dalam mengoperasikan seluruh fitur mobil, desain futuristik yang emosional, hingga fitur keselamatan kelas dunia yang menjamin keselamatan pengemudi.

Lima keunggulan tersebut langsung terasa begitu memasuki kabin mobil yang didukung dengan mesin 1.8L 2ZR-FBE berteknologi dual VVT-i tersebut.

Kenyamanan dan kemudahan mengemudi mobil bertransmisi CVT dengan sequential shiftmatic itu sangat terasa meski dilajukan di jalanan berkerikil, bahkan saat 'menghajar' lubang kecil di jalanan Ancol.

Suspensi bagian belakang yang telah dilengkapi double wishbone juga membuat guncangan tak terlalu terasa saat C-HR melibas lubang kecil di jalanan, terutama bagi penumpang di bagian belakang.

Di sisi lain, tubuh C-HR yang compact juga memastikan 'goyangan' saat menikung dengan kecepatan cukup tinggi tak terlalu berasa.

Fitur keselamatan
Sisi lain yang juga jadi keunggulan platform TNGA yang menjadi basis produksi Toyota C-HR ialah fitur keselamatan berkendara yang disematkan di dalamnya. Tercatat sejumlah fitur keselamatan ikut menjamin kenyamanan berkendara bagi pengemudi Toyota C-HR.

Selain tujuh kantong udara yang disematkan, Toyota C-HR juga dilengkapi sejumlah sensor untuk mengingatkan pengendara. Salah satunya blind spot cencor yang memberikan sinyal lewat dasbor dan kaca spion jika ada objek di dekat mobil yang terlalu dekat dan berada di luar titik penglihatan pengemudi.

Fitur keselamatan lain yang disematkan ialah rear cross traffic alert (RCTA) yang memberitahukan pengemudi mengenai adanya objek yang akan melintas dari arah kiri ataupun kanan saat mobil dalam keadaan mundur. Fitur tersebut sangat berguna bagi pengemudi yang akan keluar dari area parkir dengan memundurkan kendaraan.

Gandhi Ahimsaputra, Head of Product Knowledge PT Toyota Astra Motor, mengatakan platform TNGA pada mobil Toyota C-HR memberikan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya (pride of ownership) karena punya desain eksterior yang berbeda dari pakem mobil Toyota sebelumnya.

"Platform TNGA ini dibuat dengan studi yang lebih lama ketimbang model lainnya agar bisa memberikan pengalaman lebih dari sisi mengemudi," kata Gandhi.

(S-1)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More