AC Mobil Tiba-Tiba Malfungsi? Cek Komponen Ini

Penulis: M. Bagus Rachmanto Pada: Selasa, 01 Mei 2018, 00:30 WIB Otomotif
AC Mobil Tiba-Tiba Malfungsi? Cek Komponen Ini

youtube

JIKA dalam perjalanan AC mobil tidak dingin secara tiba-tiba, Anda patut mewaspadai temperatur mesin naik dan menjadi panas. Terlebih kondisi jalan yang macet dan udara panas berpotensi membuat mesin overheating (panas berlebih).

Menurut Alimin yang buka praktek spesialis AC mobil di bilangan Bekasi Barat, selain kurang freon, penyebab lain AC mobil tidak dingin karena kerja kipas AC/extra fan yang tak maksimal. Selain AC menjadi tidak dingin, temperatur mesin mobil juga bisa menjadi panas
 
Fungsi kipas AC adalah untuk menghembuskan udara ke arah kondensor dan mendinginkan refrigerant. Sehingga refrigerant mengalami kondensasi dan berubah dari gas menjadi cair.

Tidak maksimalnya kinerja kipas AC, bisa jadi karena komponen tersebut sudah lemah. Lama-kelamaan bisa mati total/macet, dan ini yang menyebabkan AC tidak dingin.

Efek terparahnya adalah mesin bisa overheat membuat beberapa komponen mengalami kerusakan parah. Jika sudah begini dikhawatirkan merembet ke komponen lain dan merogoh kocek yang lebih besar.

Jika mengalami kondisi seperti ini saat di jalan Alimin menegaskan, sebaiknya mematikan AC jika mesin panas. Hal itu untuk mengurangi beban kerja mesin dan agar tidak memengaruhi peningkatan suhu mesin.

Mobil yang hanya memiliki satu kipas sebaiknya menepi. Lalu, matikan mesin untuk mendinginkan suhu mesin agar tidak terjadi overheating. Kerusakan atau ekstra fan/kipas radiator yang lemah pasti akan terjadi. Sebab, kompenen tersebut memiliki usia pakai tertentu. Jadi jangan abaikan komponen ini agar mobilitas Anda lancar tanpa kendala. (medcom/OL-6)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More